Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan gerakan bumi serta akibat-akibatnya!

Jelaskan gerakan bumi serta akibat-akibatnya!space 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gerakan planet bumi terdiri dari dua jenis , yaitu: Perputaran bumipada porosnya atau rotasi Bumi dapat dirasakan seolah-olah Anda berada dalam kendaraan yang bergerak. Pepohonan, tiang listrik, dan rumah tampak bergerak mundur. Begitu juga rotasi Bumi, seolah-olah Matahari, planet, bintang, dan benda langit lainnya bergerak dari barat ke timur. Padahal, Bumi berputar pada porosnya atau berputar dari barat ke timur. Rotasi Bumi menyebabkan benda-benda langit tampak melakukanperedaransemu harian dari barat ke timur, pergantian siang dan malam, perbedaan waktu dan pembagian waktu internasional, perbedaan percepatan gravitasi bumi, pembelokan arah angin, pembelokan arus laut. Revolusi planet bumi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi karena adanya gaya tarik gravitasi matahari dengan gravitasi bumi dan rotasi bumi. Planet-planet lain di tata suryajuga melakukan revolusi atau berputar mengelilingi Matahari. Periode revolusi Bumi adalah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari dalam satu putaran.Periode revolusi bumi adalah satu tahun, tepatnya 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Lamanya waktu revolusi bumi adalah satu tahun siderik. Satu tahun siderik dihitung mulai dari posisi Bumi pada sebuah titik yang lurus dengan sebuah bintang hingga Bumi berakhir mengelilingi Matahari sekali ke titik semula. Adapun dampak revolusi bumi, anatara lain: perubahan lama siang dan malam, gerak semu matahari, pergantian musim, perubahan kenampakan rasi bintang.

Gerakan planet bumi terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. Perputaran bumi pada porosnya atau rotasi Bumi dapat dirasakan seolah-olah Anda berada dalam kendaraan yang bergerak.  Pepohonan, tiang listrik, dan rumah tampak bergerak mundur.  Begitu juga rotasi Bumi, seolah-olah Matahari, planet, bintang, dan benda langit lainnya bergerak dari barat ke timur. Padahal, Bumi berputar pada porosnya atau berputar dari barat ke timur. Rotasi Bumi menyebabkan benda-benda langit tampak melakukan peredaran semu harian dari barat ke timur, pergantian siang dan malam, perbedaan waktu dan pembagian waktu internasional, perbedaan percepatan gravitasi bumi, pembelokan arah angin, pembelokan arus laut.
  2. Revolusi planet bumi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi karena adanya gaya tarik gravitasi matahari dengan gravitasi bumi dan rotasi bumi. Planet-planet lain di tata surya juga melakukan revolusi atau berputar mengelilingi Matahari. Periode revolusi Bumi adalah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari dalam satu putaran. Periode revolusi bumi adalah satu tahun, tepatnya 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Lamanya waktu revolusi bumi adalah satu tahun siderik. Satu tahun siderik dihitung mulai dari posisi Bumi pada sebuah titik yang lurus dengan sebuah bintang hingga Bumi berakhir mengelilingi Matahari sekali ke titik semula. Adapun dampak revolusi bumi, anatara lain: perubahan lama siang dan malam, gerak semu matahari, pergantian musim, perubahan kenampakan rasi bintang.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan rotasi dan revolusi bumi?

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia