Roboguru

Jelaskan proses terjadinya urin!

Pertanyaan

Jelaskan proses terjadinya urin!space

Pembahasan Soal:

Secara umum proses pembentukan urin terjadi melalui 3 proses sebagai berikut.

  • Filtrasi : pada proses ini darah bertekanan tinggi masuk melalui glomerulus. Sel darah dan protein plasma disaring agar tidak masuk ke dalam nefron. Pada proses ini dihasilkan urin primer.
  • Reabsorpsi : pada proses ini terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan tubuh seperti Na+, glukosa, asam amino, air dan ion-ion negatif. Proses ini terjadi di tubulus kontortus proksimal (TKP) dan lengkung henle. Hasil dari proses ini adalah urin sekunder.
  • Augmentasi : pada proses ini terjadi penambahan zat-zat yang sudah tidak berguna bagi tubuh seperti asam urat, NH4-, H+, K+, dan sisa obat-obatan. Proses ini terjadi di tubulus kontortus distal (TKD) dan menghasilkan urin sesungguhnya. Setelah itu urin akan ditampung sementara pada tubulus kolektivus (TK).space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Dianita

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut!   Bagian yang ditunjuk huruf K berfungsi untuk ….

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk huruf K adalah rongga ginjal (pelvis ginjal) yang berfungsi untuk menampung sementara urin yang telah terbentuk sebelum dialirkan ke ureter dan dikeluarkan oleh tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar nefron berikut! Nama bagian yang ditunjuk huruf X beserta fungsinya yang benar adalah ….

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk huruf X adalah glomerulus yang berfungsi sebagai tempat terjadinya filtrasi (proses penyaringan). Sel-sel darah, trombosit, dan sebagian besar protein plasma akan disaring dan diikat agar tidak turut dikeluarkan oleh tubuh. Urin hasil saringan tersebut disebut urin primer. Urin primer mengandung zat-zat kecil terlarut dalam plasma darah seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida bikarbonat, garam lain, dan urea.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Dalam kehidupan, benarkah kita harus minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya? Kaitkan jawaban Anda dengan proses pembentukan urine dalam tubuh!

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari, atau setara 250 mililiter tiap gelasnya. Umumnya takaran konsumsi air perhari didasarkan pada kebutuhan cairan tubuh tiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Contoh, aktivitas fisik, kondisi lingkungan (panas/dingin), kondisi fisik (sehat/tidak/wanita hamil), dan hal lainnya. Meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari dapat membantu tubuh kita dalam mengeluarkan racun melalui urin. Dalam sistem ekresi pada manusia, pembentukan urin ini dimaksudkan adanya kelebiihan air yang dibuang dan dihasilkan urin sebagai penetral racun di dalam tubuh kita.undefined 

0

Roboguru

Proses augmentasi, reabsorpsi, dan filtrasi secara berurutan ditunjukkan oleh bagian ....

Pembahasan Soal:

Keterangan gambar nefron:

  • (A) Glomerulus
  • (B) Tubulus kontortus proksimal (TKP)
  • (C) Lengkung Henle
  • (D) Tubulus kontortus distal (TKD)
  • (E) Tubulus kolektivus

Proses pembentukan urin melalui 3 tahapan berikut:

  1. Filtrasi, yaitu penyaringan yang terjadi di glomerulus
  2. Reabsorpsi, yaitu penyerapan kembali yang terjadi di TKP dan lengkung Henle
  3. Augmentasi, yaitu penambahan zat-zat sisa yang terjadi di TKD

Jadi, proses augmentasi; reabsorpsi; dan filtrasi secara berurutan ditunjukkan oleh bagian (D); (B) dan (C); dan (A).space

0

Roboguru

Perhatikan gambar proses pembentukan urine di bawah ini! Analisislah proses pembentukan urine pada manusia berdasarkan gambar tersebut. Jelaskan tahapannya!

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan urine dalam ginjal dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi (pengeluaran zat).

  1. Filtrasi (penyaringan), terjadi di kapsul Bowmann dan glomerulus. Ketika darah masuk ke glomerulus, tekanan darah menjadi tinggi sehingga mendorong air dan komponen-komponen yang tidak dapat larut melewati pori-pori endotelium kapiler, glomerulus, kemudian menuju membran dasar, dan melewati lempeng filtrasi, lalu masuk ke dalam ruang kapsul Bowmann. Hasil filtrasi dari proses ini disebut filtrat glomerulus atau urine primer. Dalam urine primer masih terdapat air, glu kosa, asam amino, dan garam mineral.
  2. Reabsorpsi (penyerapan kembali), terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hampir semua gula, vitamin, asam amino, ion, dan air diserap kembali. Zat-zat yang masih berguna tersebut dimasukkan kembali ke dalam pembuluh darah yang terdapat di sekitar tubulus. Hasil reabsorpsi berupa filtrat tubulus atau urine sekunder. Urine sekunder mengandung air, garam, urea, dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urine. Reabsorpsi juga masih berlangsung di lengkung Henle.
  3. Augmentasi (penambahan zat tidak berguna), terjadi di tubulus kontortus distal. Beberapa zat sisa, seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ditambahkan ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut urine sesungguhnya. Urine disalurkan melalui tubulus kolektivus ke rongga ginjal. Dari rongga ginjal, urine menuju ke kandung kemih melalui saluran ginjal (ureter).undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved