Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses terjadinya hujan zenithal, hujan orografis, dan hujan frontal !

Jelaskan proses terjadinya hujan zenithal, hujan orografis, dan hujan frontal !space 

Iklan

S. Nur

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar pada soal ini adalah hujan zenital, orografis dan frontal dibedakan dengan prosesnya. Berikut adalah penjelasannya. Hujan merupakan fenomena turunnya butiran hujan atau es yang disebabkan oleh proses kondensasi, evaporasi atau transpirasi. Jenis-jenis hujan adalah sebagai berikut. Hujan zenital (konveksi) , merupakan hujan yang terjadi di daerah tropis karena adanya proses udara yang naik akibat pemanasan udara yang ada disekitarnya terlalu tinggi dan awan menjadi membesar dan terjadilah hujan secara mendadak. Ilustrasi hujan zenital adalah sebagai berikut. Hujan orografis, merupakan hujan yang terjadi karena melalui proses ketikaawan yang membawa hujan terbawa oleh angin dari bagian permukaanbumi yang rendah menaiki lereng gunung atau pegunungan. Ilustrasi hujan orografis adalah sebagai berikut. Hujan frontal, merupakan hujan yang terjadi karena proses adanya pertemuan udara panas dengan udara dingin.Pertemuan udara panas yang membawa uap airmengalami pengembunan akibat diturunkan suhunya oleh udara dingin. Ilustrasi hujan frontal adalah sebagai berikut.

Jawaban yang benar pada soal ini adalah hujan zenital, orografis dan frontal dibedakan dengan prosesnya.

Berikut adalah penjelasannya.

Hujan merupakan fenomena turunnya butiran hujan atau es yang disebabkan oleh proses kondensasi, evaporasi atau transpirasi. Jenis-jenis hujan adalah sebagai berikut.

  • Hujan zenital (konveksi), merupakan hujan yang terjadi di daerah tropis karena adanya proses udara yang naik akibat pemanasan udara yang ada disekitarnya terlalu tinggi dan awan menjadi membesar dan terjadilah hujan secara mendadak. Ilustrasi hujan zenital adalah sebagai berikut.

  • Hujan orografis, merupakan hujan yang terjadi karena melalui proses ketika awan yang membawa hujan terbawa oleh angin dari bagian permukaanbumi yang rendah menaiki lereng gunung atau pegunungan. Ilustrasi hujan orografis adalah sebagai berikut.

  • Hujan frontal, merupakan hujan yang terjadi karena proses adanya pertemuan udara panas dengan udara dingin. Pertemuan udara panas yang membawa uap air mengalami pengembunan akibat diturunkan suhunya oleh udara dingin. Ilustrasi hujan frontal adalah sebagai berikut.

space 

Latihan Bab

Pengantar Atmosfer

Lapisan Atmosfer

Gejala Optik di Atmosfer

Cuaca dan Iklim

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Aluna Dinanty

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada musim pancaroba, cuaca dapat berubah dalam waktu singkat. Pada pukul 10.00 cuaca panas terik kemudian pukul 11.00 terjadi hujan. Hujan seperti itu disebut....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia