Roboguru

Jelaskan proses pembentukan otak manusia !

Pertanyaan

Jelaskan proses pembentukan otak manusia !space 

Pembahasan Soal:

Organogenesis adalah proses pembentukan organ tubuh atau alat tubuh, mulai dari bentuk embrio hingga menjadi bentuk definitif (fetus). Contohnya pembentukan otak, tulang, sumsum tulang belakang dan lain sebagainya. Neurulasi adalah proses awal pembentukan sistem saraf yang melibatkan perubahan sel-sel ektoderm bakal neural, dimulai dengan pembentukan keping neural, lipatan neural dan berakhir dengan terbentuknya bumbung neural. Neurulasi akan terbentuk ketika gastrulasi selesai. Berikut tahapan pembentukan otak:

  1. Tahap awal yaitu poliferasi menjadi lempeng saraf (neural plate). Notochord menginduksi ektoderm berubah menjadi panjang dan tebal dibandingkan sel disekitarnya
  2. Terbentuk lipatan saraf ke arah dalam yang dibatasi oleh neural fold terhadap lapisan ektoderm.
  3. Terjadi fusi (penggabungan) neural fold kanan-kiri dan bagian tengah membentuk parit yang disebut dengan parit neural (neural groove).
  4. Terbentuk tabung/bumbung saraf (neural tube) dengan lubangnya yang disebut neural canal atau neurocoel. Selanjutnya neural tube akan tenggelam di bawah ektoderm.
  5. Selama neurulasi juga terbentuk pial neural (neural crest) yang berasal dari sel-sel lempeng saraf yang tidak membentuk tabung saraf. Neural crest akan membentuk ganglion-ganglion saraf, sedangkan neural tube akan membentuk sistem saraf pusat. Ketika lahir, myelin atau zat lemak yang melindungi akson pada otak serta membantu impuls bergerak lebih cepat sudah diproduksi oleh otak yang berada di dekat sumsum tulang belakang.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved