Roboguru

Jelaskan proses masuknya bangsa Portugis ke Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan proses masuknya bangsa Portugis ke Indonesia!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang sampai ke Indonesia. Kolonisasi Portugis dimulai ketika Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pada tahun 1511.  Kota Malaka di Selat Malaka ini sangat penting sebaggai pusat perdagangan rempah-rempah saat itu. Setelah menguasai Malaka, maka Portugis mengirimkan kapal pada tahun 1512, dipimpin oleh Antonio de Abreu dan Francisco Serrao dalam pelayaran ke Maluku, yang merupakan asal muasal rempah-rempah. Portugis diijinkan untuk berdagang di Ternate oleh Sultan Ternate, sehingga pasukan Portugis dipimpin oleh Antonio de Azevedo membangun benteng atau feitoria di Bacan dan Ternate. Namun, hubungan dengan Ternate menjadi rusak, karena keinginan Portugis untuk menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah. Pada akhirnya, Gubernur Lopez de Mesquita membunuh Sultan Khairun pada 25 Februari 1570. Anak Sultan Khairun, Sultan Baabullah melawan Portugis dalam peperangan selama 5 tahun berikutnya dan berhasil mengusir Portugis dari bumi Maluku untuk selamanya tahun 1575. Kemudian pada 2 Agustus 1640 – 14 Januari 1641, armada Belanda kembali mengepung Malaka, yang akhirnya jatuh dari tangan Portugis ke tangan VOC. Dengan takluknya Malaka, Batavia menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Keuasaan VOC semakin besar, sementara Portugis semakin tersisih dan kecil wilayahnya, di Nusantara hanya terbatas di pulau Timor dan Flores saja.

Dengan demikian, proses kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dimulai dari penaklukkan kota Malaka pada tahun 1511, oleh Afonso de Albuquerque. Portugis kemudian meluaskan kekuasaannya ke Maluku. Namun Portugis kemudian kehilangan banyak wilayahnya setelah diusir dari Maluku oleh Sultan Baabullah pada tahun 1575, dan kehilangan wilayahnya di Malaka ke tangan Belanda pada tahun 1641.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kedatangan bangsa Portugis di Ternate mendapat sambutan baik dari penguasa Ternate, Benar atau salah pernyataan tersebut? Uraikan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Ketika Portugis tiba di Kepulauan Maluku tahun 1512, dibawah pimpinan Alfonso de Albuquerque, dua kerajaan Islam terbesar di kawasan itu, yakni Kesultanan Ternate dan Tidore, sedang berseteru. Kesempatan inilah yang kemudian dimanfaatkan Portugis untuk keuntungannya. Penguasa Ternate saat itu adalah Sultan Bayanullah menerima dengan baik kedatangan Portugis, karena dianggap sebagai calon pembeli rempah-rempah. Lebih jauh lagi Sultan Bayanullah bahkan mengajak Portugis bekerja sama untuk mengalahkan Tidore. Pilihan Portugis untuk bekerjasama dengan Ternate ternyata didasari oleh penawaran. Saat itu Sultan Bayanullah, menjanjikan hak untuk melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah, terutama cengkeh. Sultan Bayanullah juga mengizinkan Portugis untuk membangun pos atau kantor dagang di wilayah Ternate.

Dengan demikian, Ternate menyambut baik kedatangan Portugis dengan tujuan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan yaitu calon pembeli rempah-rempah dan membantu melakukan penyerangan ke Tidore

Jadi, jawabannya adalah benar

0

Roboguru

Pengaruh pada bidang sosial kedatangan Portugis di Maluku menyebarkan agama ...

Pembahasan Soal:

Bangsa Portugis membawa agama Kristen Katolik, sedangkan orang Belanda mmbawa agama Kristen protestan. Pada periode ini, orang-orang sering menyebutnya dengan nama The Age of Discovery.

Dengan demikian, pada bidang sosial kedatangan Portugis di Maluku menyebarkan agama Katolik.

0

Roboguru

Kedatangan Portugis ke wilayah Maluku tahun 1512 pada mulanya disambut baik oleh masyarakat sekitar dan Kesultanan Ternate bahkan Portugis diizinkan untuk membangun benteng pertahanan di wilayah Terna...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab yang membuat pada awalnya Portugis diterima dengan baik di Ternate bahkan hingga diizinkan untuk membangun benteng pertahanan adalah bangsa Portugis pada awalnya bersedia membayar mahal pada hasil rempah-rempah yang terdapat di wilayah Ternate. Bagi Ternate tentunya hal tersebut sangat menguntungkan kesultanan dan rakyat Ternate.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Penyerangan Batavia pada tahun 1628 dan 1629 diadakan pada masa ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1619, ketika VOC berhasil menguasai Jayakarta dan kemudian diganti namanya dengan Batavia, membuat salah satu penguasa Kesultanan Mataram Islam, yakni Sultan Agung cemas. Beberapa hal yang membuat kecemasan itu muncul diantaranya: (1) kekhawatiran penguasaan VOC atas jalur perdagangan di pesisir Utara Jawa, dan (2) menghalangi ambisi Sultan Agung untuk menancapkan kekuasaan Mataram di seluruh Pulau Jawa. 
 Sejatinya hubungan diplomatik antara Sultan Agung dan VOC terjalin cukup erat, hal ini berkaitan dengan saling kirimnya duta perwakilan, akan tetapi hubungan keduanya putus setelah VOC menolak untuk memberikan bantuan kepada Mataram yang ketika itu sedang ada perang dengan Kerajaan Surabaya. Dari sini lah, keinginan Sultan Agung untuk mengusir VOC muncul, selain untuk kepentingan perluasan wilayahnya, juga ada keinginan untuk mengusir VOC dari Pulau Jawa. 
Pada tahun 1628, Sultan Agung mengirimkan utusan untuk menyampaikan tawaran damai dengan syarat-syarat perdamaian dari Mataram, namun usulan itu ditolak oleh VOC, sehingga keputusan untuk menyerang VOC di Batavia muncul pada tahun 1628-1629 dari Sultan Agung. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

0

Roboguru

Ekspedisi Demak berhasil menguasai Sunda Kelapa pada tahun 1527 dipimpin oleh ...

Pembahasan Soal:

Sunda Kelapa merupakan nama salah satu pelabuhan tertua yang ada di Indonesia, dan merupakan cikal bakal lahirnya Kota Jakarta. Sejarah pelabuhan ini sejatinya telah eksis dari abad ke-5 masehi ketika wilayah tersebut dikuasai oleh Kerajaan Tarumanegara. Meski demikian, sejak abad ke-12 masehi ketika Kerajaan Sunda berhasil menguasai Sunda Kelapa, pelabuhan ini berkembang menjadi salah satu pelabuhan yang penting, mengingat posisinya yang strategis di Pulau Jawa, sehingga jalur perdagangan yang melibatkan bangsa Arab, India, Tiongkok dan Portugis menjadikan pelabuhan ini sebagai salah satu perhatiannya. Portugis misalnya, yang menjalin hubungan dengan Kerajaan Sunda sehingga dapat memanfaatkan pelabuhan ini sebagai tempat kepentingan mereka dalam perdagangan di Nusantara.
Melihat hubungan antara Kerajaan Sunda dan Portugis, Kesultanan Demak melihat itu sebagai ancaman atas eksistensi mereka. Sebab itu, pada 22 Juni 1527, sebuah pasukan yang dipimpin oleh Fatahillah menyerang dan berhasil menguasai Sunda Kelapa. Atas kemenangan gemilang itu, pelabuhan yang semula bernama Sunda Kelapa diganti nama menjadi Jayakarta dan diperingati sebagai ulang tahun Kota Jakarta. 

Dengan demikian, opsi jawaban benar adalah A.
 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved