Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan proses bekerjanya saraf!

Jelaskan proses bekerjanya saraf!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sistem saraf adalah sistem yang bertugas untuk berkoordinasi dan mengendalikan seluruh aktivitas tubuh. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf sadar (somatik) dan tak sadar (otonom). Sistem saraf bekerja dengan menerima danmeneruskan impuls menuju ke sistem saraf pusat, yaitu otak atau sumsum tulang belakang . Impuls yaitu rangsangan berupa aliran listrik yang merambat pada serabut saraf. Sel saraf pada sistem saraf akan bekerja untuk menghantarkan impuls melalui 3 tahap yaitu : Tahap polarisasi , yaitu tahap ketika sel saraf tidak menghantarkan impuls sehingga saluran ion Na + dan K + tertutup sehingga bagian luar membran bermuatan positif sedangkan bagian dalamnya bermuatan negatif. Tahap depolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sedang dilalui impulssehingga saluran ion Na + dan ionNa + masuk ke dalam sel. Kemudian muatan listrik mengalami perubahan, yaitu di di bagian luar bermuatan negatif dan di bagian dalam bermuatan positif Tahap repolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sudah dilalui impuls sehingga saluran ionK + terbuka dan ionK + keluar. Impuls yang telah diproses kemudian akan diteruskan oleh saraf motorik menuju efektor sehingga muncul gerakan tubuh.

Sistem saraf adalah sistem yang bertugas untuk berkoordinasi dan mengendalikan seluruh aktivitas tubuh. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf sadar (somatik) dan tak sadar (otonom). Sistem saraf bekerja dengan menerima dan meneruskan impuls menuju ke sistem saraf pusat, yaitu otak atau sumsum tulang belakang. Impuls yaitu rangsangan berupa aliran listrik yang merambat pada serabut saraf. Sel saraf pada sistem saraf akan bekerja untuk menghantarkan impuls melalui 3 tahap yaitu :

  1. Tahap polarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf tidak menghantarkan impuls sehingga saluran ion Na+ dan Ktertutup sehingga bagian luar membran bermuatan positif sedangkan bagian dalamnya bermuatan negatif.
  2. Tahap depolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sedang dilalui impuls sehingga saluran ion Na+ dan ion Na+ masuk ke dalam sel. Kemudian muatan listrik mengalami perubahan, yaitu di di bagian luar bermuatan negatif dan di bagian dalam bermuatan positif
  3. Tahap repolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sudah dilalui impuls sehingga saluran ion Kterbuka dan ion K+ keluar.

Impuls yang telah diproses kemudian akan diteruskan oleh saraf motorik menuju efektor sehingga muncul gerakan tubuh.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar sel saraf berikut! Jelaskan mekanisme yang terjadi pada sel saraf berdasarkan gambar tersebut!

35

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia