Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penghantaran impuls/rangsangan melalui 2 cara, yaitu melalui saraf itu sendiri dan melalui celah sinapsis. Perhatikan gambar berikut: Berilah keterangan bagian yang diberi nomor dan huruf! Jelaskan dengan memakai point-point proses penghantaran listriknya!

Penghantaran impuls/rangsangan melalui 2 cara, yaitu melalui saraf itu sendiri dan melalui celah sinapsis.

Perhatikan gambar berikut:  


Berilah keterangan bagian yang diberi nomor dan huruf! Jelaskan dengan memakai point-point proses penghantaran listriknya! 

Iklan

N. Ahmad

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan gambar tersebut: A neuron presinapsis B neuron postsinapsis 1 mitokondria 2 vesikula sinapsis yang mengandung neurotransmitter 3 neurotransmitter 4 celah sinapsis 5 reseptor protein 6 transporter 7 eksositosis (neurotransmitter terlepas dari vesikula sinapsis) 8 transporter Mekanisme penghantaran impuls saraf terjadi melalui dua cara, yaitu: 1. Melalui sel saraf Saat serabut saraf dalam keadaan istirahat atau mengalami polarisasi (keadaan sel reseptor tidak mengalami rangsangan), membran luar serabut saraf bermuatan positif dan membran dalam negatif. Perbedaan muatan terjadi karena mekanisme pompa kalium-natrium (transport aktif), yaitu konsentrasi Na⁺ diluar membran akson neuron lebih tinggi dan konsentrasi ion K⁺ di dalam membran lebih besar daripada di luar membran. Jika terjadi rangsangan maka akan terjadi depolarisasi atau potensial aksi. Rangsangan ini menyebabkan permeabilitas membran plasma terhadap ion Na⁺ meningkat, sehingga ion Na⁺ berdifusi ke dalam membran dan ion K⁺ segera berdifusi keluar membran. Akibatnya, membran luar bermuatan negatif dan membran dalam (sitoplasma) positif. Keadaan transport aktif tersebut menimbulkan aliran listrik di antara daerah yang mengalami polarisasi dengan daerah yang mengalami depolarisasi. Arus listrik tersebut menyebabkan depolarisasi di daerah di sebelahnya. Perubahan potensial sepanjang serabut saraf disebut impuls saraf. Setelah impuls disampaikan, bagian yang mengalami depolarisasi akan isitrahat dan tidak ada impuls. Waktu istirahat untuk pemulihan disebut dengan fase refraktori atau undershoot. 2. Melalui Celah Sinapsis Celah sinapsis, adalah titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain. Arah perambatan dari sinapsis sangat khas, yaitu hanya terjadi dalam satu arah. Impuls menyebabkan neurotransmitter terlepas dari vesikula sinapsis (terjadi eksositosis) dan berdifusi melewati celah sinapsis. Neurotransmitter adalah zat kimia yang dapat merambatkan impuls dari prasinaps ke membran postsinaps, contohnya asetilkolin. Membran plasma postsinaps mengalami depolarisasi (kondisi saat sel reseptor menerima rangsangan), sehingga menimbulkan impuls pada membran sel saraf berikutnya. Asetilkolin kemudian diuraikan oleh enzim yang dihasilkan oleh membran postsinaps. Dari penghantaran impuls melalui dua cara tersebut diatas akan nampak gerakan pada anggota tubuh yang dimanifestasikan sebagai alur impuls gerakan.

Berdasarkan gambar tersebut:
rightwards arrow neuron presinapsis 
rightwards arrow neuron postsinapsis
rightwards arrow mitokondria
rightwards arrow vesikula sinapsis yang mengandung neurotransmitter
rightwards arrow neurotransmitter
rightwards arrow celah sinapsis
rightwards arrow reseptor protein
rightwards arrow transporter
rightwards arrow eksositosis (neurotransmitter terlepas dari vesikula sinapsis)
rightwards arrow transporter

Mekanisme penghantaran impuls saraf terjadi melalui dua cara, yaitu:  

1. Melalui sel saraf

  • Saat serabut saraf dalam keadaan istirahat atau mengalami polarisasi (keadaan sel reseptor tidak mengalami rangsangan), membran luar serabut saraf bermuatan positif dan membran dalam negatif.
  • Perbedaan muatan terjadi karena mekanisme pompa kalium-natrium (transport aktif), yaitu konsentrasi Na⁺ diluar membran akson neuron lebih tinggi dan konsentrasi ion K⁺ di dalam membran lebih besar daripada di luar membran.  
  • Jika terjadi rangsangan maka akan terjadi depolarisasi atau potensial aksi. Rangsangan ini menyebabkan permeabilitas membran plasma terhadap ion Na⁺ meningkat, sehingga ion Na⁺ berdifusi ke dalam membran dan ion K⁺ segera berdifusi keluar membran. Akibatnya, membran luar bermuatan negatif dan membran dalam (sitoplasma) positif.  
  • Keadaan transport aktif tersebut menimbulkan aliran listrik di antara daerah yang mengalami polarisasi dengan daerah yang mengalami depolarisasi.
  • Arus listrik tersebut menyebabkan depolarisasi di daerah di sebelahnya. Perubahan potensial sepanjang serabut saraf disebut impuls saraf.  
  • Setelah impuls disampaikan, bagian yang mengalami depolarisasi akan isitrahat dan tidak ada impuls. Waktu istirahat untuk pemulihan disebut dengan fase refraktori atau undershoot.  

2. Melalui Celah Sinapsis

  • Celah sinapsis, adalah titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain.
  • Arah perambatan dari sinapsis sangat khas, yaitu hanya terjadi dalam satu arah.
  • Impuls menyebabkan neurotransmitter terlepas dari vesikula sinapsis (terjadi eksositosis) dan berdifusi melewati celah sinapsis.
  • Neurotransmitter adalah zat kimia yang dapat merambatkan impuls dari prasinaps ke membran postsinaps, contohnya asetilkolin.
  • Membran plasma postsinaps mengalami depolarisasi (kondisi saat sel reseptor menerima rangsangan), sehingga menimbulkan impuls pada membran sel saraf berikutnya.
  • Asetilkolin kemudian diuraikan oleh enzim yang dihasilkan oleh membran postsinaps.
  • Dari penghantaran impuls melalui dua cara tersebut diatas akan nampak gerakan pada anggota tubuh yang dimanifestasikan sebagai alur impuls gerakan.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Juan Bob Ch

Makasih ❤️

Cy Aa

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu manfaat dari berpelukan, seperti dikutip dari Boldsky.com adalah "menurunkan tekanan darah". Berpelukan bisa menjadi obat untuk orang tua Anda. Dengan memeluk, dapat menjaga tekanan darah l...

24

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia