Roboguru

Jelaskan pesan yang tersirat dalam teks anekdot tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan pesan yang tersirat dalam teks anekdot tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Anekdot diartikan sebagai cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dalam humor suatu anekdot terdapat kritik atau sindiran yang disampaikan secara halus dalam cerita. 

Teks di atas berisi tentang seekor keledai yang belajar membaca. Tentunya, tidak benar-benar membaca. Keledai hanya membalikkan halaman buku karena ada gandum yang disisipkan di situ.

Pesan tersirat dalam teks tersebut bisa terlihat dari kalimat Nasrudin di akhir teks.

"Memang demikianlah cara keledai membaca. la membalik-balikkan halaman tanpa mengerti isinya. Kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, kita hanya seperti keledai, bukan?" jawab Nasrudin.

Di sini, Nasrudin menyampaikan bahwa kita seperti keledai kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya.

Dengan demikian, pesan yang tersirat dalam teks anekdot tersebut adalah penulis memakai tokoh Nasrudin untuk menyampaikan perbedaan cara kita dan keledai dalam membaca. Kita akan terlihat seperti keledai kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukan makna tersirat dalam teks anekdot tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks tersebut berisi tentang percakapan antara perwakilan negara Cina, India, dan Indonesia dalam suatu acara yang disebut Konferensi Koruptor Internasional. Beberapa petikan percakapan di antara mereka mengatakan bahwa di Cina, korupsi dilakukan di bawah meja sebab kalau ketahuan pasti digantung, sedangkan di India, korupsi dilakukan di atas meja sebab sudah bukan hal yang aneh lagi. Berbeda hal dengan di Indonesia, korupsi bukan hanya di atas meja atau di bawah meja. Bahkan, mejanya pun dikorupsi.

Hal ini membuktikan, di setiap negara, koruptor itu pasti ada dan menurut teks percakapan di atas, yang tertawa paling keras adalah negara Indonesia. Bisa dilihat juga dari percakapan di atas, kumpulan koruptor saling membanggakan hasil korupsinya dan seakan mereka melakukan tindakan yang membanggakan. Hal ini terdapat pada salah satu kalimat, "Wah, begitu saja bangga? ..." Padahal, kita semua tahu bahwa korupsi bukan hal yang patut dibanggakan dan dimaklumi. Korupsi harus diberantas.

Jadi, makna tersirat dalam teks anekdot tersebut adalah penulis ingin menyampaikan bahwa budaya korupsi bukanlah  tindakan yang membanggakan dan tidak sepatutnya dimaklumi.space 

Roboguru

Jelaskan letak kelucuan dan kritik pada teks anekdot tersebut.

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot bersifat lelucon dan menyindir atau mengkritik. Lelucon dan kritik dalam teks anekdot dapat diidentifikasi dengan cara:

  1. Membaca atau menyimak, serta memahami anekdot dengan saksama
  2. Menentukan makna tersirat yang disampaikan berdasarkan identifikasi sebelumnya
  3. Mengaitkan makna anekdot dengan fakta dan nilai-nilai kehidupan
  4. Mengidentifikasi unsur-unsur anekdot

Pada teks anekdot di atas, diceritakan bahwa terdapat mobil polisi yang menghadang laju mobil Ando dan Pak Polisi membawa Ando ke kantor polisi dengan tuduhan korupsi. Sayangnya, Ando baru ingat kalau ia lupa membayar makanan dan minuman yang telah dipesannya di restoran setelah ia sudah berada di balik jeruji besi. Oleh karena itu, kelucuan anekdot di atas terletak pada Ando yang baru ingat kalau ia lupa membayar makanan dan minuman yang di pesannya di restoran tadi setelah ia sudah di penjara. Kritik teks anekdot di atas tersirat pada cerita tersebut yang menceritakan tiga anggota dewan menyesali perbuatan korupsinya. Oleh karena itu, kritik anekdot di atas adalah kasus korupsi oleh anggota dewan merupakan sebuah hal yang patut disesali oleh mereka.

Dengan demikian, kelucuan anekdot di atas terletak pada Ando yang baru ingat kalau ia lupa membayar makanan dan minuman yang di pesannya di restoran tadi setelah ia sudah di penjara dan kritik anekdot di atas adalah kasus korupsi oleh anggota dewan merupakan sebuah hal yang patut disesali oleh mereka.space 

Roboguru

Maksud tersirat dari kalimat di Yogya pakai nangka lokal, sementara di sini memakai nangka impor adalah ...

Pembahasan Soal:

Maksud tersirat berarti maksud yang disampaikan secara tidak langsung. Pada kalimat di Yogya pakai nangka lokal, sementara di sini memakai nangka impor memiliki maksud sindiran bahwa nangka impor di Belanda dan nangka lokal di Yogya itu sama saja karena memang berasal dari tempat yang sama yaitu Yogya. Jadi, maksud tersirat dari kalimat tersebut adalah adalah nangka di Yogya dan di Belanda sama saja.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Sindiran dalam teks anekdot tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, sindiran adalah perkataan (gambar dan sebagainya) yang bermaksud menyindir orang; celaan (ejekan dan sebagainya) yang tidak langsung. Sindiran dalam teks anekdot bersifat alami karena berdasarkan peristiwa yang benar-benar terjadi tanpa rekayasa. Berdasarkan teks anekdot di atas, sindiran terdapat pada salah satu dialog berikut: "Padahal kalau kita berbicara kekayaan alam Indonesia, Indonesia itu sebenarnya kaya. Indonesia banyak pertambangan, bahkan pertambangan emas juga ada. Kalau orang Indonesia sendiri bisa mengelolanya, pasti tidak dikuasai asing seperti saat ini." Dengan demikian, sindiran dalam teks anekdot tersebut adalah SDA yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Berikut pendapat Anda mengenai masalah yang diangkat dalam teks anekdot tersebut!

Pembahasan Soal:

Pendapat merupakan buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Pada teks tersebut permasalahan yang diangkat cukup menarik karena membahas masalah yang terjadi di Indonesia dengan tujuan lewat anekdot ini bisa menyindir banyak pihak secara halus.

Jadi, pendapat mengenai masalah yang diangkat dalam teks anekdot tersebut adalah permasalahan yang diangkat cukup menarik karena membahas masalah yang terjadi di Indonesia dengan tujuan lewat anekdot ini bisa menyindir banyak pihak secara halus.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved