Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perkembangbiakan bakteri secara seksual dan aseksual!

Jelaskan perkembangbiakan bakteri secara seksual dan aseksual!space 

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perkembangbiakan bakteri secara seksual yaitu rekombinasi genetik (konjugasi, transduksi, dan transformasi) dan aseksual yaitu pembelahan biner.

perkembangbiakan bakteri secara seksual yaitu rekombinasi genetik (konjugasi, transduksi, dan transformasi) dan aseksual yaitu pembelahan biner.space 

Iklan

Pembahasan

Bakteri dapat bereproduksi secara vegetatif (aseksual) maupun generatif (seksual). Bakteri melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, yaitu dari satu sel menjadi dua sel, dari dua sel menjadi empat sel, dari empat sel menjadi delapan sel, dan seterusnya. Pembelahan ini terjadi secara amitosis (secara langsung), yaitu tidak melalui tahap-tahap tertentu seperti pada pembelahan mitosis.Umumnya, bakteri mampu membelah sekitar 1-3 jam sekali. Dalam waktu singkat, jumlah sel dalam koloni akan terus berlipat ganda dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Namun, pertumbuhan koloni bakteri akan melambat pada titik tertentu, yaitu ketika kehabisan nutrisi atau terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme yang meracuni bakteri itu sendiri. Bakteri melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi genetik . Rekombinasi genetik adalah peristiwa bercampurnya sebagian materi gen (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, sehingga terbentuk DNA rekombinan. Dalam rekombinasi genetik, akan dihasilkan dua sel bakteri dengan materi genetik campuran dari kedua induknya. Rekombinasi genetik bakteri dapat terjadi melalui konjugasi, transduksi, dan transformasi . Konjugasi adalah pemindahan materi gen dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain secara langsung melalui jembatan konjugasi. Transduksi adalah rekombinasi gen antara dua sel bakteri dengan diperantarai virus fag. Transformasi adalah rekombinasi gen yang terjadi melalui pengambilan langsung sebagian materi gen dari bakteri lain, yang dilakukan oleh suatu sel bakteri. Dengan demikian, perkembangbiakan bakteri secara seksual yaitu rekombinasi genetik (konjugasi, transduksi, dan transformasi) dan aseksual yaitu pembelahan biner.

Bakteri dapat bereproduksi secara vegetatif (aseksual) maupun generatif (seksual).

  1. Bakteri melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, yaitu dari satu sel menjadi dua sel, dari dua sel menjadi empat sel, dari empat sel menjadi delapan sel, dan seterusnya. Pembelahan ini terjadi secara amitosis (secara langsung), yaitu tidak melalui tahap-tahap tertentu seperti pada pembelahan mitosis. Umumnya, bakteri mampu membelah sekitar 1-3 jam sekali. Dalam waktu singkat, jumlah sel dalam koloni akan terus berlipat ganda dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Namun, pertumbuhan koloni bakteri akan melambat pada titik tertentu, yaitu ketika kehabisan nutrisi atau terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme yang meracuni bakteri itu sendiri.
  2. Bakteri melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi genetik. Rekombinasi genetik adalah peristiwa bercampurnya sebagian materi gen (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, sehingga terbentuk DNA rekombinan. Dalam rekombinasi genetik, akan dihasilkan dua sel bakteri dengan materi genetik campuran dari kedua induknya. Rekombinasi genetik bakteri dapat terjadi melalui konjugasi, transduksi, dan transformasi.
  • Konjugasi adalah pemindahan materi gen dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain secara langsung melalui jembatan konjugasi.
  • Transduksi adalah rekombinasi gen antara dua sel bakteri dengan diperantarai virus fag.
  • Transformasi adalah rekombinasi gen yang terjadi melalui pengambilan langsung sebagian materi gen dari bakteri lain, yang dilakukan oleh suatu sel bakteri.

Dengan demikian, perkembangbiakan bakteri secara seksual yaitu rekombinasi genetik (konjugasi, transduksi, dan transformasi) dan aseksual yaitu pembelahan biner.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Kanaya Chalista

Makasih ❤️ Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rekombinasi genetik pada bakteri dapat dilakukan dengan cara....

29

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia