Roboguru

Bakteri juga dapat melakukan reproduksi seksual (rekombinasi) dengan bertukar materi genetik (DNA). Cara rekombinasi yang dapat dilakukan seperti pada gambar        Berdasarkan gambar, jelaskan proses transformasi, transduksi, dan konjugasi pada bakteri!

Pertanyaan

Bakteri juga dapat melakukan reproduksi seksual (rekombinasi) dengan bertukar materi genetik (DNA). Cara rekombinasi yang dapat dilakukan seperti pada gambarspace space 
 

space space 

 

Berdasarkan gambar, jelaskan proses transformasi, transduksi, dan konjugasi pada bakteri!space 

Pembahasan Soal:

Pertukaran materi genetik pada bakteri (rekombinasi genetik) dibagi menjadi tiga, yaitu: 

1. Transformasi = Bakteri mendapatkan DNA dari lingkungan sekitarnya. Bakteri memiliki protein di permukaan tubuhnya yang dapat mengenal DNA bebas dari jenis bakteri yang masih berkerabat, selanjutnya bakteri tersebut akan menyerap DNA  bebas ke dalam tubunya. Kemudian DNA itu akan menyatu dengan DNA bebas dari inang sehingga mengubah strukturnya. Akibatnya, sifat bakteri tersebut akan berubah. 

2. Transduksi =  Terjadi ketika bakteri mendapatkan DNA dari virus (bakteriofage) yang menginfeksinya. Virus tersebut akan menyuntikkan materi genetik ke dalam bakteri. Akibatnya, DNA virus akan menyatu dengan DNA bakteri inangnya. 

3. Konjugasi = Merupakan proses perpindahan DNA dari satu bakteri ke bakteri lainnya dengan cara membentuk jembatan tipis (pada sel bakteri dengan inangnya) yang disebut dengan pilus. Materi genetik kemudian akan berjalan melalui pilus sampai ke bakteri penerima. Oleh karena itu, konjugasi juga sering disebut dengan perkawinan bakteri. Setelah transfer materi genetik selesai, maka pilus pun akan hilang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved