Roboguru

Jelaskan perbedaan masalah yang diteliti pada penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif?

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan masalah yang diteliti pada penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif?undefined 

  1. ....

  2. ....

Pembahasan Soal:

Tahapan awal sebelum melakukan penelitian adalah menentukan masalah yang akan diteliti. Masalah sosial ini yang nantinya akan menjadi fokus peneliti dalam mencari jawaban atas masalah tersebut. Setelah menentukan masalah, seorang peneliti harus dapat menentukan jenis penelitian apa yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan setiap masalah tidak bisa digunakan dalam satu jenis penelitian yang sama. Jenis penelitian sosial ada 2 yaitu kuantitatif dan kualitatif. Adapun perbedaan masalah pada jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian Kualitatif : Masalah yang diambil berupa fenomena sosial untuk mengetahui status dan mendeskripsikan fenomena tersebut dengan susunan kalimat deskriptif.
  2. Penelitian kuantitatif : Masalah yang diambil berupa fenomena dengan tujuan untuk membandingkan antara gejala sosial satu dengan gejala sosial lainnya, untuk mencari hubungan sebab akibat, ataupun untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terjadinya  fenomena satu dengan lainnya. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved