Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam suatu kelas di sebuah SMA X terdapat aktivitas beberapa siwa yang mengalami kecanduan game online atau biasa disebut gamers. Para siswa yang tergolong gamers ini sering tidak fokus ketika belajar dikelas dan sering telat mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan guru. Faktanya secara IQ mereka tergolong cerdas. Akan tetapi terjadi perubahan perilaku siswa gamers yaitu mereka menjadi sering membolos untuk sekedar main game online di warnet. Alasan mereka melakukannya adalah pemberian cap negatif sebagai siswa malas, kurang disiplin dan dianggap suka mencontek oleh guru dan teman-temannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat diambil kesimpulan masalah penelitian yaitu... .

Dalam suatu kelas di sebuah SMA X terdapat aktivitas beberapa siwa yang mengalami kecanduan game online atau biasa disebut gamers. Para siswa yang tergolong gamers ini sering tidak fokus ketika belajar dikelas dan sering telat mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan guru. Faktanya secara IQ mereka tergolong cerdas. Akan tetapi terjadi perubahan perilaku siswa gamers yaitu mereka menjadi sering membolos untuk sekedar main game online di warnet. Alasan mereka melakukannya adalah pemberian cap negatif sebagai siswa malas, kurang disiplin dan dianggap suka mencontek oleh guru dan teman-temannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat diambil kesimpulan masalah penelitian yaitu... .

  1. Siswa yang tergolong gamers tidak mempunyai masa depan yang baik

  2. Siswa gamers memiliki kecenderungan melakukan penyimpangan sosial

  3. Labelling menjadi penyebab penyimpangan yang dialami oleh siswa gamers

  4. Sosialisasi tidak sempurna adalah salah satu faktor penyimpangan siswa gamers

  5. Tolak ukur kecerdasan siswa tidak bisa dilihat hanya dari segi kedisiplinan dan rajin mengumpulkan tugas

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

labelling menjadi penyebab penyimpangan yang dialami oleh siswa gamers. Jadi jawabannya C.

labelling menjadi penyebab penyimpangan yang dialami oleh siswa gamers. Jadi jawabannya C.

Iklan

Pembahasan

Masalah penelitian dalam ilustrasi soal tersebut memfokuskan pada beberapa hal yaitu siswa yang menjadi gamers, perilaku menyimpang dan pemberian cap negatif atau labeling. Secara umum perilaku atau sikap siswa yang suka main game online masih ditoleransi oleh siswa lain dan para guru akan tetapi pemberian cap negatif atau labeling seperti pemalas, kurang disiplin dan suka mencontek saat ulangan menjadi penyebab siswa gamers melakukan tindakan menyimpang seperti membolos sekolah. Sehingga labelling menjadi penyebab penyimpangan yang dialami oleh siswa gamers. Jadi jawabannya C.

Masalah penelitian dalam ilustrasi soal tersebut memfokuskan pada beberapa hal yaitu siswa yang menjadi gamers, perilaku menyimpang dan pemberian cap negatif atau labeling. Secara umum perilaku atau sikap siswa yang suka main game online masih ditoleransi oleh siswa lain dan para guru akan tetapi pemberian cap negatif atau labeling seperti pemalas, kurang disiplin dan suka mencontek saat ulangan menjadi penyebab siswa gamers melakukan tindakan menyimpang seperti membolos sekolah. Sehingga labelling menjadi penyebab penyimpangan yang dialami oleh siswa gamers. Jadi jawabannya C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam suatu masyarakat terdapat suatu kelompok remaja yang mempunyai hobi melakukan pengrusakan fasilitas umum seperti mencoret-coret tembok dan pagar. Hal demikian dikategorikan sebagai tindakan yang...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia