Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan kalimat tanya (interogatif),kalimat perintah (imperatif), dan kalimat berita (deklaratif)!

Jelaskan perbedaan kalimat tanya (interogatif), kalimat perintah (imperatif), dan kalimat berita (deklaratif)!space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwaperbedaan ketiga kalimat tersebut terletak pada tujuannya masing-masing. Kalimat tanya (interogatif) bertujuan untuk menanyakan suatu informasi, kalimat perintah (imperatif) bertujuan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu, dan kalimat berita (deklaratif) bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi.

dapat disimpulkan bahwa perbedaan ketiga kalimat tersebut terletak pada tujuannya masing-masing. Kalimat tanya (interogatif) bertujuan untuk menanyakan suatu informasi, kalimat perintah (imperatif) bertujuan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu, dan kalimat berita (deklaratif) bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi.space 

Iklan

Pembahasan

Teks laporan percobaan adalah teks yang berfungsi untuk mencatat dan menguraikan hasil dari suatu percobaan yang telah diselesaikan. Kaidah kebahasaan berupa kalimat-kalimatyang digunakan dalam teks laporan percobaan di antaranya: Kalimat tanya (interogatif) : kalimat yang bertujuan untuk menanyakan sebuah informasi Kalimat perintah (imperatif) : kalimat yang berisi permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki. Kalimat berita (deklaratif) : kalimat yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwaperbedaan ketiga kalimat tersebut terletak pada tujuannya masing-masing. Kalimat tanya (interogatif) bertujuan untuk menanyakan suatu informasi, kalimat perintah (imperatif) bertujuan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu, dan kalimat berita (deklaratif) bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi.

Teks laporan percobaan adalah teks yang berfungsi untuk mencatat dan menguraikan hasil dari suatu percobaan yang telah diselesaikan. Kaidah kebahasaan berupa kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks laporan percobaan di antaranya:

  1. Kalimat tanya (interogatif): kalimat yang bertujuan untuk menanyakan sebuah informasi
  2. Kalimat perintah (imperatif): kalimat yang berisi permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki.
  3. Kalimat berita (deklaratif): kalimat yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan ketiga kalimat tersebut terletak pada tujuannya masing-masing. Kalimat tanya (interogatif) bertujuan untuk menanyakan suatu informasi, kalimat perintah (imperatif) bertujuan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu, dan kalimat berita (deklaratif) bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi.space 

861

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata yang menjadi penghubung antarkata,antarfrasa, antarklausa, antarkalimat, danantarparagraf disebut ...

599

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia