Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari pengamatan terhadap pertumbuhan biji kacang hijau itu, ditemukan bahwa ternyata tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda. Tumbuhan yang berada pada tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada di tempat terang. Berikut yang tidak tergolong kata sifat dalam cuplikan tersebut adalah...

Dari pengamatan terhadap pertumbuhan biji kacang hijau itu, ditemukan bahwa ternyata tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda. Tumbuhan yang berada pada tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada di tempat terang.


Berikut yang tidak tergolong kata sifat dalam cuplikan tersebut adalah... 

  1. hijauundefined 

  2. cahayaundefined 

  3. terangundefined 

  4. gelapundefined 

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kata sifat atau adjektiva adalah kelas kata yang menerangkan atau membuatkata benda menjadi lebih spesifik. Kata sifat ini bisa menjelaskan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, ataupun penekanan suatu kata. Definisi kata sifat (adjektiva) yaitu kata yang dipakai untuk menjelaskan sifat atau kondisi suatu hal, baik pada makhluk hidup, benda mati, tempat waktu dan lain-lain. Pada suatu kalimat, kata sifat biasa dipakai untuk menerangkan kondisi subjek (S) atau objek (O) kalimat tersebut. Dalam kutipan di atas, contoh katayang tidak termasuk kata sifat adalah kata cahaya. Berdasarkan kategori kelas kata, kata cahaya termasuk ke dalam kategori kata benda (nomina) yang bermakna 'sinar atau terang (seperti lampu, matahari, bintang) yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda di sekitarnya'. Kata hijau dalam teks di atas bermakna 'menganfunh warna serupa dengan hijau', sementara kata terang dan gelap bermakna keadaan yang terjadi saatcahaya muncul atau hilang. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Kata sifat atau adjektiva adalah kelas kata yang menerangkan atau membuat kata benda menjadi lebih spesifik. Kata sifat ini bisa menjelaskan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, ataupun penekanan suatu kata. Definisi kata sifat (adjektiva) yaitu kata yang dipakai untuk menjelaskan sifat atau kondisi suatu hal, baik pada makhluk hidup, benda mati, tempat waktu dan lain-lain. Pada suatu kalimat, kata sifat biasa dipakai untuk menerangkan kondisi subjek (S) atau objek (O) kalimat tersebut. 

Dalam kutipan di atas, contoh kata yang tidak termasuk kata sifat adalah kata cahaya. Berdasarkan kategori kelas kata, kata cahaya termasuk ke dalam kategori kata benda (nomina) yang bermakna 'sinar atau terang (seperti lampu, matahari, bintang) yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda di sekitarnya'. Kata hijau dalam teks di atas bermakna 'menganfunh warna serupa dengan hijau', sementara kata terang dan gelap bermakna keadaan yang terjadi saat cahaya muncul atau hilang. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Laporan Percobaan

Kebahasaan Laporan Percobaan

Analisis Laporan Percobaan

Menyusun Laporan Percobaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Aisyah Syifa Kusumastuti

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

apaantuh

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan kalimat tanya (interogatif),kalimat perintah (imperatif), dan kalimat berita (deklaratif)!

952

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia