RoboguruRoboguru
SD

Jelaskan perbedaan frekuensi pernafasan laki laki dan perempuan!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan frekuensi pernafasan laki laki dan perempuan!undefined 

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

laki-laki memiliki frekuensi pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Laki-laki memilliki massa otot yang lebih besar sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan ATP yang digunakan untuk aktivitasnya.undefined 

Pembahasan

Frekuensi pernapasan adalah intensitas memasukkan dan mengeluarkan udara setiap satu menit. Udara yang dimasukkan berupa oksigen dan udara yang dikeluarkan berupa karbon dioksida. Pada umumnya, dalam keadaan istirahat manusia melakukan pernapasan antara 15-18 (inspirasi dan ekspirasi) setiap menitnya. Faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan yaitu :

  1. Umur, semakin tua umur seseorang maka frekuensi pernapasannya semakin lambat. Hal ini dikarenakan aktivitas seseorang yang beurmur tidak seaktif pada saat usia muda. Sehingga pasokan oksigen berkurang di dalam tubuh.
  2. Jenis kelamin, laki-laki memiliki frekuensi pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Laki-laki memilliki massa otot yang lebih besar sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan ATP yang digunakan untuk aktivitasnya.
  3. Aktivitas, seseorang yang melakukan aktivitas berat akan lebih banyak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi di dalam tubuhnya, sehingga frekuensi pernapasanya meningkat dibandingkan seseorang yang melakukan aktivitas biasa.
  4. Suhu tubuh, makin tinggi suhu tubuh seseorang maka semakin tinggi frekuensi pernapasan seseorang. Suhu tubuh yang tinggi biasanya penanda tubuh sedang melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Posisi tubuh, pada saat berdiri frekuensi pernapasan lebih tinggi dibandingkan pada saat berbaring.

Jadi, laki-laki memiliki frekuensi pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Laki-laki memilliki massa otot yang lebih besar sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan ATP yang digunakan untuk aktivitasnya.undefined 

5rb+

4.3 (6 rating)

Jadi Juara Ruangguru

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Ketika sedang berolahraga, napas Doni lebih cepat dibandingkan saat ia beristirahat. Kondisi ini dapat terjadi karena ....

7rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia