Roboguru

Jelaskan perbedaan antara paguyuban dan patembayan di dalam masyarakat!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara paguyuban dan patembayan di dalam masyarakat! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas bentuk kelompok terstruktur.

Soal menanyakan perbedaan antara paguyuban dan patembayan di dalam masyarakat. Perhatikan tabel dibawah ini!

Paguyuban Patembayan
hubungan batin yang dekat hubungan batin yang kurang dekat
bersifat alamiah dan kekal bersifat kontraktual atau sementara
masyarakat homogen masyarakat heterogen
hubungan sosial bersifat tradisional hubungan sosial bersifat modern

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa kelompok paguyuban identik dengan karakteristik aktifitas masyarakat desa dan kelompok patembayan identik dengan aktifitas masyarakat kota. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ferdinand Tonnies membagi kelompok sosial menjadi dua, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Dari beberapa karya yang telah dibuat Tonnies, gemeinschaft und gesellschaft merupakan karya yang paling pas dengan konsep kelompok sosial. Ferdinand Tonnies membagi dua kelompok sosial nih, yakni gemeinschaft dan gesellschaft. Gemeinschaft atau (paguyuban) adalah bentuk kehidupan bersama, yang diikat oleh kehidupan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal.Sedangkan Gesellschaft atau (patembayan) adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasa nya untuk jangka waktu yang pendek. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Interaksi antaranggota bersifat formal (2) Mendasarkan ikatan pada keturunan (3) Terjadinya pembagian kerja yang jelas (4) Mempunyai hubungan yang sangat erat da...

Pembahasan Soal:

Patembayan atau gesselschaft adalah ikatan sosial yang tercipta atas kesamaan kepentingan antaranggota, sifatnya sementara, dan biasanya hubungan anggotaya bersifat formal. Ciri dari ikatan ini adalah interaksi anggota bersifat formal, terjadinya pembagian kerja yang jelas, dan didasarkan pada tujuan masing-masing yang hendak dicapai.

Sedangkan, yang menjadi lawan kata dari patembayan adalah paguyuban atau gemeinschaft. Paguyuban adalah ikatan sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian).

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Pengurus OSIS mengadakan acara penggalangan dana sosial (2) Koperasi angkutan umum menambah armada untuk mengatasi macet (3) Perkumpulan guru Indonesia melakukan ...

Pembahasan Soal:

Kelompok patembayan adalah kelompok sosial yang ikatan antarindividunya ada berdasarkan kesamaan kepentingan, bersifat formal, dan hubungan antarindividu dalam kelompok biasanya diatur berdasarkan strata status dan peran. Kelompok patembayan tidak memiliki ikatan sekuat kelompok paguyuban. Hal ini terjadi karena kadang kala masing-masing anggota kelompok patembayan tidak mengenal atau kurang mengenal satu sama lainnya. Contoh kelompok patembayan adalah OSIS di sekolah. Di mana ikatan antarindividu diperkuat oleh status dan peranan pada kelompok dan aturan formal, seperti perundangan OSIS di sekolah. Contoh lainnya adalah perkumpulan guru. Mereka membentuk kelompok berdasarkan kesamaan profesi dan kesamaan kepentingan. Sehingga interaksi yang terjadi kemungkinan hanya berlangsung jika masing-masing individu memiliki tujuan yang sama. Contoh selanjutnya adalah koperasi angkutan umum. Kelompok ini dibentuk atas kesamaan kepentingan ekonomi. Di mana individu dalam kelompok bergabung karena memiliki kesamaan tujuan serta profesi.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Interaksi antaranggota bersifat formal (2) Mendasarkan ikatan pada keturunan (3) Terjadinya pembagian kerja yang jelas (4) Mempunyai hubungan yang sangat erat dan me...

Pembahasan Soal:

Kelompok patembayan adalah kelompok sosial yang hubungan antaranggotanya cenderung diikat oleh aturan formal, misalnya pekerjaan. Interaksi antaranggota kelompok patembayan bersifat sangat formal dan terdapat pembagian kerja yang jelas. Kelompok patembayan biasanya bersifat hierarki, misalnya adanya pembagian kerja berdasarkan status sosial manager dan karyawan. Terakhir, kelompok patembayan dibentuk untuk mencapai sebuah tujuan. Misalnya sebuah perusahaan tekstil dibentuk untuk mendatangkan keuntungan ekonomi.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Pengurus OSIS mengadakan acara penggalangan dana sosial Koperasi angkutan umum menambah armada untuk mengatasi macet Perkumpulan guru Indonesia melakukan evaluasi p...

Pembahasan Soal:

Patembayan atau gesellschaft adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek. Ciri-ciri kelompok patembayan hubungan antaranggota bersifat formal, memiliki orientasi ekonomi dan tidak kekal, memperhitungkan nilai guna (utilitarian), serta lebih didasarkan pada kenyataan sosial. Pernyataan yang merujuk pada ciri patembayan terdapat pada nomor 1, 2, dan 3.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved