Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Interaksi antaranggota bersifat formal (2) Mendasarkan ikatan pada keturunan (3) Terjadinya pembagian kerja yang jelas (4) Mempunyai hubungan yang sangat erat dan mesra (5) Didasarkan pada tujuan masing-masing yang hendak dicapai Yang termasuk ciri kelompok sosial patembayan adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Interaksi antaranggota bersifat formal

(2) Mendasarkan ikatan pada keturunan

(3) Terjadinya pembagian kerja yang jelas

(4) Mempunyai hubungan yang sangat erat dan mesra

(5) Didasarkan pada tujuan masing-masing yang hendak dicapai

 

Yang termasuk ciri kelompok sosial patembayan adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

     

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Patembayan atau gesselschaft adalah ikatan sosial yang tercipta atas kesamaan kepentingan antaranggota, sifatnya sementara, dan biasanya hubungan anggotaya bersifat formal. Ciri dari ikatan ini adalah interaksi anggota bersifat formal, terjadinya pembagian kerja yang jelas, dan didasarkan pada tujuan masing-masing yang hendak dicapai. Sedangkan, yang menjadi lawan kata dari patembayan adalah paguyuban atau gemeinschaft. Paguyuban adalah ikatan sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian).

Patembayan atau gesselschaft adalah ikatan sosial yang tercipta atas kesamaan kepentingan antaranggota, sifatnya sementara, dan biasanya hubungan anggotaya bersifat formal. Ciri dari ikatan ini adalah interaksi anggota bersifat formal, terjadinya pembagian kerja yang jelas, dan didasarkan pada tujuan masing-masing yang hendak dicapai.

Sedangkan, yang menjadi lawan kata dari patembayan adalah paguyuban atau gemeinschaft. Paguyuban adalah ikatan sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

47

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Anggota masyarakat yang ingin membantu dalam upaya pemberantasan korupsi membentuk kelompok sosial anti korupsi. Kelompok sosial tersebut berdasarkan kepentingannya termasuk tipe kelompok ....

99

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia