Roboguru

Jelaskan perbedaan antara kalimat tunggal dan kalimat majemuk!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara kalimat tunggal dan kalimat majemuk!undefined 

Pembahasan Soal:

Kalimat tunggal adalah kalimat yang strukturnya terdiri atas satu subjek dan satu predikat. Sedangkan, kalimat majemuk adalah kalimat yang strukturnya terdiri atas gabungan dua klausa ataupun kalimat. Perbedaan kalimat tunggal dan kalimat majemuk antara lain:

1. Strukturnya

Dari segi ini, bisa dikatakan jika kalimat tunggal strukturnya jauh lebih sederhana dibanding kalimat majemuk. Sebab, kalimat tunggal hanyalah terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat, ditambah beberapa unsur lainnya. Sementara itu, kalimat majemuk mempunyai struktur yang lebih rumit, karena terdiri atas dua klausa atau kalimat yang masing-masing sudah mempunyai strukturnya tersendiri.

2. Unsur-Unsur Kalimat yang Dikandungnya

Pada kalimat tunggal, unsur yang dikandungnya adalah sebuah subjek dan sebuah predikat, ditambah beberapa unsur kalimat lainnya yang masing-masing berjumlah satu buah.Sedangkan, kalimat majemuk terbentuk dari dua klausa atau kalimat, maka unsur-unsur dalam kalimat ini lebih banyak, di mana unsur-unsur tersebut terdiri atas dua subjek, dua predikat, dan beberapa unsur kalimat lainnya yang masing-masing bisa berjumlah sebanyak dua buah.

3. Penggunaan konjungsinya 

Dari segi ini, bisa dibilang kalau kalimat tunggal adalah kalimat yang tidak menggunakan konjungsi sama sekali. Hal ini dikarenakan kalimat ini bukanlah gabungan dua klausa atau kalimat lainnya kalimat majemuk. Sedangkan, kalimat majemuk adalah kalimat yang perlu menggunakan konjungsi yang berguna bagi kalimat majemuk agar dua klausa atau kalimat yang terkandung di dalamnya bisa menyatu.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved