RoboguruRoboguru
SD

Bacalah teks berikut! Karang Pembentuk Terumbu     Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Berdasarkan pada proses terbentuknya, terumbu karang dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitU karang tepi (frigging reef), karang penghalang (barrier reef), dan karang cincin (atol). Terumbu karang tepi dan penghalang terbentuk mengelilingi sebuah daratan utama yang relatif besar. Namun, jarak yang terbentuk oleh karang penghalang lebih jauh daripada karang tepi. Karang tepi sangat umum ditemukan di perairan tropis, termasuk di Indonesia. Sementara itu, karang penghalang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reefs. Atol atau karang cincin terbentuk akibat aktivitas pulau vulkanik yang tenggelam sehingga tepian karangnya membentuk lingkaran menyerupai cincin. Atol terbesar di Indonesia dapat ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Atol Takabonerate.     Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya. Beberapa jenis hewan laut sangat bergantung pada terumbukarangt hewan-hewan tersebut, misalnya hiu, kerapu, lobster, teripang, kerang-kerangan, dan penyu. Fungsi ini menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menunjang keseimbangan jejaring makanan di laut.    Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan. Manfaat ekonomi langsung terumbu karang adalah sebagai bahan baku batu kapur yang dimanfaatkan manusia• untuk bahan bangunan. Sementara itu, manfaat ekononii tidak langsung dari terumbu karang antara lain sebagai wahana wisata bahari. Kedua jenis manfaat ini menyebabkan nilai ekonomi terumbu karang mencapai 395 miliar dolar Amerika per tahun.     Nilai ekonomi terumbu karang yang tinggi menjadi alasan utama ekosistem ini mendapat perhatian yang baik di Indonesia. Terlebih lagi, seiak terbentuknya Coral Triangle Initiative (CTI), Indonesia diketahui sebagai jantung karang dunia. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri atas 569 jenis karang. (Disadur dari: Citra Satrya Dewi, Sukandar, dan Chuldyah J. Harsindhi. Karang dan Ikan Pulau Bawean, Malang, Press. 2018) Tentukan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Karang Pembentuk Terumbu

    Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Berdasarkan pada proses terbentuknya, terumbu karang dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitU karang tepi (frigging reef), karang penghalang (barrier reef), dan karang cincin (atol). Terumbu karang tepi dan penghalang terbentuk mengelilingi sebuah daratan utama yang relatif besar. Namun, jarak yang terbentuk oleh karang penghalang lebih jauh daripada karang tepi. Karang tepi sangat umum ditemukan di perairan tropis, termasuk di Indonesia. Sementara itu, karang penghalang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reefs. Atol atau karang cincin terbentuk akibat aktivitas pulau vulkanik yang tenggelam sehingga tepian karangnya membentuk lingkaran menyerupai cincin. Atol terbesar di Indonesia dapat ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Atol Takabonerate.

    Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya. Beberapa jenis hewan laut sangat bergantung pada terumbukarangt hewan-hewan tersebut, misalnya hiu, kerapu, lobster, teripang, kerang-kerangan, dan penyu. Fungsi ini menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menunjang keseimbangan jejaring makanan di laut.

   Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan. Manfaat ekonomi langsung terumbu karang adalah sebagai bahan baku batu kapur yang dimanfaatkan manusia• untuk bahan bangunan. Sementara itu, manfaat ekononii tidak langsung dari terumbu karang antara lain sebagai wahana wisata bahari. Kedua jenis manfaat ini menyebabkan nilai ekonomi terumbu karang mencapai 395 miliar dolar Amerika per tahun.

    Nilai ekonomi terumbu karang yang tinggi menjadi alasan utama ekosistem ini mendapat perhatian yang baik di Indonesia. Terlebih lagi, seiak terbentuknya Coral Triangle Initiative (CTI), Indonesia diketahui sebagai jantung karang dunia. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri atas 569 jenis karang.

(Disadur dari: Citra Satrya Dewi, Sukandar, dan Chuldyah J. Harsindhi. Karang dan Ikan Pulau Bawean, Malang, Press. 2018)


Tentukan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi tersebut!undefined 
 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama.  Kalimat simpkes pada teks di atas adalah sebagai berikut.

  1. Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang.
  2. Atol terbesar di Indonesia dapat ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Atol Takabonerate.
  3. Kedua jenis manfaat ini menyebabkan nilai ekonomi terumbu karang mencapai 39-5 miliar dolar Amerika per tahun.

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu aksi, peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur. Kalimat kompleks ditandai dengan penggunaan konjungsi, sedangkan kalimat simpleks tidak menggunakan konjungsi.  Kalimat kompleks pada teks di atas adalah sebagai berikut.

  1. Berdasarkan pada proses terbentuknya, terumbu karang dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu karang tepi (frigging reef), karang penghalang (barrier reef), dan karang cincin ( atol).
  2. Terumbu karang tepi dan penghalang terbentuk mengelilingi sebuah daratan utama yang relatif besar.
  3. Namun,jarak yang terbentuk oleh karang penghalang lebih jauh daripada karang tepi.
  4. Sementara itu, karang penghalang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reefs.
  5. Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis.
  6. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya.
  7. Hewan-hewan tersebut, misalnya hiu, kerapu, lobster, teripang, kerang-kerangan, dan penyu.
  8. Fungsi ini menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menunjang keseimbangan jejaring makanan di laut.
  9. Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan.
  10. Sementara itu, manfaat ekonomi tidak langsung dari terumbu karang antara lain sebagai wahana wisata bahari.
  11. Terlebih lagi, sejak terbentunya Coral Triangle Initiative (CTO), Indonesia diketahui sebagai jantung kaning dunia.
  12. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri atas 569 jenis karang.undefined 

551

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks! Buatlah contohnya!

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia