Roboguru

Jelaskan peranan kaum bangsawan Nusantara dalam kebijakan pintu terbuka!

Pertanyaan

Jelaskan peranan kaum bangsawan Nusantara dalam kebijakan pintu terbuka!

Pembahasan Soal:

Politik Pintu Terbuka di Indonesia berlangsung pada tahun 1870-1900 dan periode ini disebut sebagai zaman berpaham kebebasan (liberalisme). Pengertian dari politik pintu terbuka adalah kebijakan politik dimana perekonomian Indonesia dibuka kepada pihak swasta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan. Politik ini membuat Indonesia hanya bisa menjadi pengawas saja tanpa memiliki keterlibatan lebih lanjut dengan sistem politik dan pembangunan ekonomi yang dilaksanakan. Peran kaum bangsawan pada masa politik pintu terbuka ialah menjadi pengawas rakyat yang bekerja pada perkebunan dan pabrik-pabrik swasta. Selain itu para bangsawan juga sebagai pengepul upeti rakyat yang nantinya disetorkan kepada pihak Pemerintah Belanda. Dari hasil memgumpulkan upeti tersebut, para bangsawan mendapatkan keuntungan.

Dengan demikian, peran kaum bangsawan adalah sebagai pengawas para pekerja di perkebunan dan pabrik-pabrik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tahun 1870 pemerintah kolonial Belanda menerapkan Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet). Penerapan peraturan ini menandai berlakunya kebijakan ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1870, pemerintah kolonial Belanda menerapkan Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet). Undang-Undang ini mengatur mengenai pengaturan tanah jajahan. Sejak dikeluarkan UU Agraria ini artinya pemerintah kemudian menerapkan politik pintu terbuka. Sejak penerapan UU Agraria ini pihak swasta banyak yang memasuki tanah jajahan di Hindia Belanda.

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! : Tanah yang dikuasai secara langsung yang disebut dengan bumi narawita Tanah yang disediakan sebagai hadiah atas jasa maupun gaji bagi para pejabat dan keluarg...

Pembahasan Soal:

Pada masa penerapan kebijakan pintu terbuka terdapat tiga macam tanah di antaranya: 

  1. Tanah yang dikuasai secara langsung yang disebut dengan bumi narawita. Tanah ini untuk mencukupi kebutuhan raja dan keluarga yang terletak di Negara Agung atau wilayah inti kerajaan di sekitar kota praja.
  2. Tanah yang disediakan sebagai hadiah atas jasa maupun gaji bagi para pejabat dan keluarga priyayi disebut tanah lungguh atau apanage.
  3. Tanah mancanegara, dikuasai para bupati.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Politik Pintu Terbuka dimulai pada tahun 1870. Pemberlakuan politik tersebut ditandai dengan kebebasan usaha berupa ...

Pembahasan Soal:

Politik Pintu Terbuka merupakan politik liberal yang mulai diterapkan di Nusantara pada tahun 1870. Politik Pintu Terbuka dilaksanakan ditandai dengan adanya kebebasan usaha berupa penanaman modal swasta di bidang perkebunan dan pertambangan. Politik liberal mulai berlaku di Nusantara sejak peresmian Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet). 

Roboguru

Pelaksanaan ekonomi liberal yang ditetapkan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1870 didasari oleh ....

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan ekonomi liberal oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1870, salah satunya disebabkan oleh kemenangan orang-orang liberal di parlemen Belanda. Pada saat itu kelompok liberal menganggap pelaksanaan ekonomi pemerintah Belanda di Hindia sudah tertinggal jauh dengan negara-negara jajahan lain yang sudah berkembang. Selain itu, kelompok liberal juga mengecam tindakan pemerintah yang mengeksplorasi Hindia-Belanda tanpa memperhatikan keadaan masyarakat bumiputra.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Selain di bidang perkebunan, para pengusaha juga menanamkan modalnya secara besar-besaran di Hindia Belanda pada sektor….

Pembahasan Soal:

Selain pada bidang pertanian dan perkebunan, bidang lain yang dibuka oleh pemerintah Hindia Belanda dalam arus swastanisasi ekonomi nusantara adalah Pertambangan. Hal ini ditandai dengan dibangunnya beberapa tambang besar seperti batu bara di Ombilin dan Sawahlunto, serta tambang minyak di daerah Tarakan. Pembangunan tambang ini memberikan stimulus lebih bagi Belanda karena pendapatan pemerintah tidak perlu lagi menunggu pertumbuhan tanaman yang seringkali tidak pasti karena pengaruh cuaca yang buruk.

Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved