Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan peran para pedagang di Selat Malaka terhadap perkembangan Islam di Nusantara serta pengaruhnya terhadap mata pencaharian penduduk di Nusantara. Sertakan pula bukti-bukti yang mendukung!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 pedagang di Selat Malaka memiliki peran besar dalam proses Islamisasi di Nusantara, terutama di daerah Sumatra. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perkawinan antara pedagang muslim dengan keluarga kerajaan.

Pembahasan

Proses Islamisasi di Indonesia berkembang melalui sejumlah saluran, mulai dari perkawinan, politik, pendidikan, kesenian, tasawuf, hingga perdagangan. Saluran perdagangan tidak terlepas dari peran para pedagang dalam menyebarkan ajaran-ajaran dan kebudayaan Islam. Banyak pedagang asal Gujarat, Arab, dan Persia yang datang ke Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang strategis, dimana terdapat Selat Malaka yang menghubungkan jalur perdagangan internasional. Para pedagang di Selat Malaka memiliki peran besar dalam proses Islamisasi di Nusantara, terutama di daerah Sumatra. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perkawinan antara pedagang muslim dengan keluarga kerajaan.

Dengan demikian, pedagang di Selat Malaka memiliki peran besar dalam proses Islamisasi di Nusantara, terutama di daerah Sumatra. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perkawinan antara pedagang muslim dengan keluarga kerajaan.

9

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Majunya perekonomian Kesultanan Samudera Pasai disebabkan oleh faktor seperti ….

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia