Roboguru

Jelaskan pentingnya Masa reses pada sidang pertama BPUPKI

Pertanyaan

Jelaskan pentingnya Masa reses pada sidang pertama BPUPKI

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. BPUPKI ini dibentuk saat Jepang mulai terdesak oleh pasukan Sekutu dan menunjukkan tanda-tanda akan kalah dalam Perang Dunia II. Ketua BPUPKI adalah Radjiman Wedyodiningrat, dari golongan nasionalis tua, dengan didampingi oleh dua orang ketua muda (wakil ketua), yaitu Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yosio (orang Jepang). Sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945 membahas bentuk negara dan dasar negara Indonesia. Namun sidang ini belum menyepakati pembahasan dasar negara, sehingga rapat memutuskan untuk istirahat atau reses selama 1 bulan. Dalam masa reses setelah sidang pertama ini, dibentuklah "Panitia Sembilan", dari 9 anggota BPUPKI dengan diketuai oleh Ir. Soekarno. Panitia Sembilan bertugas membahas usul dari konsep para anggota BPUPKI mengenai dasar negara Republik Indonesia. Hasil rumusan Panitia Sembilan ini kemudian menjadi awal kesepakatan mengenai Pancasila, sebagai dasar negara. Sidang BPUPKI yang kedua, setelah masa reses, dilakukan pada tanggal 10 Juli -14 Juli 1945 membahas wilayah dan kewarganegaraan Indonesia serta tentang udang-undang dan sistem ekonomi negara.

Dengan demikian, pentingnya Masa reses pada sidang pertama BPUPKI bertujuan untuk membahas perancangan UUD 1945 dipinpim oleh Ir.soekarno di gedung chou sangi in.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sidang BPUPKI yang pertama berlangsung pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

BPUPKI adalah sebuah badan bentukan Jepang yang memiliki tugas untuk menyelidiki rencana penting dalam pembentukan Negara Indonesia. BPUPKI mengadakan dua kali masa sidang sebelum kemudian dibubarkan dan diganti PPKI. Sidang pertama diadakan pada 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945 di gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon 6 Jakarta (sekarang gedung Pancasila). Sidang ini dikenal dengan rapat mencari Dasar Negara Indonesia. Sedangkan masa persidangan BPUPKI yang kedua berlangsung sejak tanggal 10 Juli 1945 hingga tanggal 17 Juli 1945.

Dengan demikian, sidang pertama BPUPKI berlangsung pada tanggal 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945.

0

Roboguru

Setelah melakukan sidang pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945, langkah yang dilakukan negara Indonesia adalah menampung aspirasi pada sidang BPUPKI. Organisasi yang bertugas menampung serta mengolah...

Pembahasan Soal:

Panitia sembilan merupakan panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI dan beranggotakan 9 orang dengan diketuai oleh Ir. Soekarno. Pada dasarnya, panitia ini diberi tugas untuk memriksa dan mengklarifikasi semua masukan yang diterima BPUPKI baik dalam format tulisan maupun lisan tentang dasar negara Indonesia. Panitia ini bekerja selama masa reses sidang BPUPKI, yaitu mulai dari 2 Juli hingga 9 Juli 1945. Panitia ini beranggotakan Ir Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Achmad Soebarjo, Mr. Mohammad Yamin, KH. Wachid Hasyim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, H. Agus Salim, dan Mr. Alexander Andries Maramis. Adapun tugas panitia sembilan adalah sebagai berikut:

  1. Bertanggungjawab dalam merumuskan dasar negara Indonesia merdeka
  2. Memberikan masukan baik secara tulisan maupun lisan serta membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia merdeka
  3. Menampung masukan dari berbagai pihak terkait pembentukan dasar negara Indonesia
  4. menyusun naskah rancangan dasar negara Indonesia

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang...

Pembahasan Soal:

BPUPK sidang sebanyak dua kali. Sidang BPUPK tahap pertama berlangsung pada 28 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 dengan fokus pembahasan mengenai dasar negara Republik Indonesia. Sidang pertama tersebut dilakukan di Gedung Chou Shangi In di Jakarta yang sekarang dikenal sebagai Gedung Pancasila. Sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10 - 17 Juli 1945 dengan agenda merancang Undang Undang Dasar.

Dengan demikian sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang Dasar Negara.

1

Roboguru

Untuk mewujudkan tugasnya, BPUPKI harus melaksanakan sidang-sidangnya. Sidang BPUPKI yang pertama berlangsung pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

Pada 1 Maret 1945, Panglima Tentara (Saiko Syukikan) ke-16 Jepang di Jawa, Letnan Jenderal Kumakici Harada, mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Tugas dari BPUPKI sendiri adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. BPUPKI melakukan sidang pertamanya pada 29 Mei-1 Juni 195 untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

Berdasakan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

BPUPKI dibentuk pada tanggal!

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Coosakai, merupakan organisasi bentukan pemerintah Jepang. Namanya pertama kali disebutkan pada tanggal 1 Maret 1945, namun baru diresmikan pada tanggal 29 April 1945, yang juga merupakan hari kelahiran Kaisar Hirohito. Pembentukan organisasi ini begitu sarat dengan muatan politis. Sebab, ditujukan untuk meraih dukungan dan simpati dari bangsa Indonesia. Tujuannya agar pemerintah Jepang bisa mendapatkan bala pasukan dari rakyat Indonesia, untuk membantu Jepang memenangi Perang Dunia 2.

Dengan demikian BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved