Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan penggolongan polimer berdasarkan asalnya!

Jelaskan penggolongan polimer berdasarkan asalnya!space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

polimer dapat dibedakan berdasarkan asalnya yaitu polimer alam dan polimer sintetik.

polimer dapat dibedakan berdasarkan asalnya yaitu polimer alam dan polimer sintetik.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Polimer adalah suatu makromolekul yang tersusun atas beberapa monomer sederhana. Berdasarkan asalnya, polimer dibagi menjadi dua, yakni: Polimer alam, yaitu polimer yang jumlahnya terbatas dan dihasilkan dari proses metabolisme makhluk hidup. Sifat polimer alam ini antara lain kurang stabil, mudah menyerap air, dan sukar dibentuk. Contoh dari polimer alam ini adalah protein, amilum, glikogen, karet alam, selulosa, dan lain-lain. Polimer sintetik, yaitu polimer yang tidak tersedia dari proses alam, namun didapatkan melalui proses sintesis dari monomer-monomernya. Polimer jenis ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier kehidupan manusia. Contoh dari polimer sintetik antara lain polivinilklorida, polietena, tetrafloroetilena, dan lain-lain. Jadi, polimer dapat dibedakan berdasarkan asalnya yaitu polimer alam dan polimer sintetik.

Polimer adalah suatu makromolekul yang tersusun atas beberapa monomer sederhana. Berdasarkan asalnya, polimer dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Polimer alam, yaitu polimer yang jumlahnya terbatas dan dihasilkan dari proses metabolisme makhluk hidup. Sifat polimer alam ini antara lain kurang stabil, mudah menyerap air, dan sukar dibentuk. Contoh dari polimer alam ini adalah protein, amilum, glikogen, karet alam, selulosa, dan lain-lain. 
  2. Polimer sintetik, yaitu polimer yang tidak tersedia dari proses alam, namun didapatkan melalui proses sintesis dari monomer-monomernya. Polimer jenis ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier kehidupan manusia. Contoh dari polimer sintetik antara lain polivinilklorida, polietena, tetrafloroetilena, dan lain-lain.

Jadi, polimer dapat dibedakan berdasarkan asalnya yaitu polimer alam dan polimer sintetik.space

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam tabel berikut disajikan data lima jenis polimer, monomer dan reaksi pembentukannya. Berdasarkan data di atasnama polimer yang sesuai dengan data angka 2) dan 3) adalah ....

604

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia