Roboguru

Jelaskan pengertian masalah dalam ilmu biologi!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian masalah dalam ilmu biologi! 

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi adalah hal yang terjadi pada objek biologi. Permasalahan biologi erat kaitannya dengan objek kajian biologi itu sendiri, sehingga pembahasannya pun meliputi permasalahan yang terjadi pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. Sebagai contoh:

  • Permasalahan biologi tingkat molekul, seperti terjadinya kelainan pembentukan molekul hemoglobin darah sehingga dapat menyebabkan penyakit anemia sel sabit.
  • Permasalahan biologi tingkat sel, seperti terjadinya lisis sel darah merah saat terinfeksi bakteri atau virus.
  • Permasalahan biologi tingkat jaringan, seperti penyakit osteoporosis yang menyebabkan hilangnya massa tulang keras sehingga tulang rapuh dan mudah patah.
  • Permasalahan biologi tingkat organ, seperti kelainan organ mata hemerolopi (rabun senja).
  • Permasalahan biologi tingkat sistem organ, seperti gangguan bernapas akibat penyempitan saluran napas bagi penderita asfiksia.
  • Permasalahan biologi tingkat individu, seperti seorang penderita AIDS yang mengalami gangguan sistem imum dan membuatnya mudah terinfeksi penyakit.
  • Permasalahan biologi tingkat populasi, seperti penyebaran AIDS yang dari satu orang ke orang lain dalam satu populasi.
  • Permasalahan biologi tingkat komunitas, seperti dampak penangkapan pada burung secara liar terhadap kelestarian hidup lainnya dalam rantai makanan.
  • Permasalahan biologi tingkat ekosistem, seperti  penggundulan hutan untuk perkebunan kelapa  sawit yang dapat mengancam habitat satwa liar yang terdapat didalamnya
  • Permasalahan biologi tingkat bioma, seperti  dampak kebakaran yang terjadi di hutan hujan tropis.
  • Permasalahan biologi tingkat biosfer, seperti dampak dari menipisnya lapisan ozon di atmosfer terhadap kehidup makhuk hidup yang ada di bumi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini contoh permasalahan biologi yang terdapat pada tingkat organ, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi pada tingkat organ berkaitan dengan bagaimana cara menangani kerusakan atau kegagalan fungsi suatu organ. Kegagalan fungsi salah satu organ tubuh tersebut dapat membawa dampak negatif terhadap keberlangsungan suatu sistem organ. Contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah rabun dekat, gagal ginjal, dan osteoporosis. Rabun dekat merupakan gangguan yang terjadi pada organ mata. Gagal ginjal merupakan gangguan yang terjadi pada organ ginjal sedangkan osteoporosis merupakan gangguan yang terjadi pada organ tulang. Sementara itu, anemia sel sabit merupakan gangguan yang terjadi pada sel darah merah dan kanker merupakan gangguan yang terjadi pada tingkatan sel (sel bersifat abnormal dan mengalami pembelahan secara cepat). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

1

Roboguru

Berikan pendapat Anda, apakah pengembangan senjata biologis merupakan manfaat atau bahaya mempelajari biologi?

Pembahasan Soal:

Kemajuan ilmu pengetahuan kadang kala memiliki sisi negatif yang tidak diharapkan.  Saat ini, ilmu biologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Melalui teknologi rekayasa genetik dapat dibuat jenis-jenis organisme yang unggul. Jika disalahgunakan, teknologi ini mungkin saja menghasilkan jenis-jenis organisme unggul yang berbahaya untuk dijadikan senjata biologi. Jika hal itu terjadi, berarti tujuan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia tidak akan tercapai, tetapi justru membahayakan

2

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Harimau Sumatera yang sering diburu untuk diambil kulit dan kepalanya Jutaan hewan passenger pigeon banyak terlihat di langit Amerika Elang botak dulu tergolon...

Pembahasan Soal:

Harimau Sumatera merupakan spesies hewan yang sangat terancam keberadaannya di alam, hal ini dikarenakan jumlah populasinya yang terus berkurang akibat penggundulan hutan maupun perburuan liar. Harimau Sumatera sering diburu untuk diambil kulit dan kepalanya. Sedangkan elang botak atau bald eagle sempat termasuk ke dalam kategori terancam punah karena perburuan, dan juga polusi pestisida DDT. Pestisida DDT yang digunakan dalam pertanian akan mencemari sungai, danau, dan juga meracuni ikan-ikan yang merupakan makanan elang botak. Elang botak yang memakan ikan tersebut lalu menghasilkan telur dengan cangkang yang tipis sehingga sangat rentan dan memiliki viabilitas yang rendah. Hal Inilah yang menyebabkan populasi elang botak dulu menurun drastis. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat jaringan tumbuhan adalah ….

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi juga bisa muncul pada jaringan tumbuhan. Seperti adanya kontaminasi yang dapat terjadi pada kultur jaringan tumbuhan. Teknik kultur jaringan ini seringkali mengalami kontaminasi misalnya oleh jamur. Dari hal tersebut muncul permasalahan tentang bagaimana  cara meminimalisir kontaminasi jamur pada suatu kultur jaringan tumbuhan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Virus corona/ covid 19 termasuk dalam mikroorganisme, coba kaitkan dengan fenomena/ problema dalam biologi!

Pembahasan Soal:

Virus adalah jenis patogen (mikroorganisme yang bisa menyebarkan penyakit ke inangya) yang menghinggapi banyak makhluk hidup. Virus merupakan salah satu problema dalam biologi. Salah satu virus yang tengah melanda dunia yaitu virus Corona atau Covid 19, jenis virus yang dapat menyebabkan penularan dari hewan ke manusia. Klasifikasi virus corona dikategorikan menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama yang menyebabkan penyakit ringan hingga sedang (influenza). Kelompok kedua adalah jenis yang menimbulkan penyakit berat dan tidak umum. Misalnya, virus SARS. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved