Roboguru

Jelaskan pengertian dari permintaan dan penawaran ....

Pertanyaan

Jelaskan pengertian dari permintaan dan penawaran ....  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu di pasar. Biasanya, tinggi permintaan akan mempengaruhi harga. Sebaliknya, rendahnya permintaan juga akan membuat harga semakin rendah.
Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang tersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan bertambah. Begitu juga ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun atau semakin sedikit. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hubungan kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia, kalian uraikan !

Pembahasan Soal:

Sebelum membahas hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia kita mulai dengan definisi dari kelangkaan, penawaran dan permintaan.

  1. Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang dimiliki jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah manusia yang membutuhkannya.
  2. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang dijual/ditawarkan produsen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu
  3. Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu.

Dalam kondisi kelangkaan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan sedikit sehingga penawaran akan sedikit juga. Sedangkan jumlah permintaan akan meningkat karena kebutuhan terhadap barang atau jasa tersebut tinggi. Kondisi tersebut mengakibatkan harga barang atau jasa akan naik atau mahal. Peningkatan harga ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dan persatuan Bangsa Indonesia.

Adanya peningkatan harga dan langkanya barang membuat masyarakat kalangan tertentu tidak dapat membeli kebutuhan pokok. Oleh karena itu, pada kondisi kelangkaan pangan yang disebabkan misalnya karena bencana alam, banyak masyarakat yang kelaparan. Selain itu, nilai-nilai persatuan dapat terganggu misalnya saat masyarakat antri untuk membeli gas elpiji terjadi saling dorong-dorongan sesama warga.

Untuk itu, pemerintah perlu turun tangan untuk melakukan stabilisasi harga. Contohnya dengan menjamin ketersediaan barang yang mengalami kelangkaan.  Dengan langkah pemerintah tersebut diharapkan harga barang dan jasa akan kembali stabil dan daya beli masyarakat akan kembali meningkat. Dengan demikian kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia akan terwujud. space

0

Roboguru

Pada saat krisis ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini, barang-barang apakah yang cenderung jumlahnya meningkat untuk ditawarkan?

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang tersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Pada saat krisis ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini terdapat barang-barang yang jumlahnya cenderung meningkat untuk ditawarkan menurut survey GWI, yaitu:

  1. Produk kesehatan seperti masker, vitamin dan lain-lain.
  2. Makanan dan minuman. Penjualan makanan dan minuman di e-commerce meningkat 3 kali lipat selama pandemi. Produk sembako, seperti telur dan ikan, mie instan, madu, teh, dan kopi lokal jadi produk terlaris.
  3. Alat rumah tangga berupa tempat sepatu dan sendal, pengharum ruangan, dan bantal tidur.
  4. Barang elektronik. Meja laptop, mouse, webcam, wifi extender, hingga headset jadi deretan produk terlaris sejak Juli-September 2020. 
  5. Perawatan diri dan kosmetik. Konsumen juga banyak membeli kosmetik dan rentetan produk merawat diri serta wajah di tengah pandemi. Begitu juga dengan perawatan pribadi, seperti untuk olahraga. undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat dari kurva penawaran tersebut ialah ....

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga tertentu. Ciri kurva penawaran yaitu jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan. Dan sebaliknya jika harga naik, maka jumlah barang ditawarkan juga akan mengalami kenaikan. Sehingga berdasarkan ciri tersebut maka berdasarkan kurva diatas penjual akan banyak menawarkan barang bila harga barang naikundefined.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tuliskan pengertian penawaran!

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah barang atau jasa yang ditawarkan penjual pada tingkat harga dan waktu tertentu. Hukum penawaran yaitu semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin tinggi jumlah barang yang ditawarkan dan semakin rendah harga maka semakin rendah pula barang yang ditawarkan. undefined 

0

Roboguru

Jumlah barang yang diminta menunjuk pada ....

Pembahasan Soal:

Permintaan adalah berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga tertentu. Sehingga jumlah barang yang diminta menunjuk pada jumlah yang ingin dan dapat dibeli oleh konsumen pada berbagai kemungkinan harga.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved