Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hubungan kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia, kalian uraikan !

Hubungan kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia, kalian uraikan ! 

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia akan terwujud.

kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia akan terwujud. space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Sebelum membahas hubungan antarakelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia kita mulai dengan definisi dari kelangkaan, penawaran dan permintaan. Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang dimiliki jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah manusia yang membutuhkannya. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang dijual/ditawarkan produsen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu. Dalam kondisi kelangkaan , maka jumlah barang yang ditawarkan akan sedikit sehingga penawaran akan sedikit juga. Sedangkan jumlah permintaan akan meningkat karena kebutuhan terhadap barang atau jasa tersebut tinggi. Kondisi tersebut mengakibatkan harga barang atau jasa akan naik atau mahal. Peningkatan harga ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dan persatuan Bangsa Indonesia. Adanya peningkatan harga dan langkanya barang membuat masyarakat kalangan tertentu tidak dapat membeli kebutuhan pokok. Oleh karena itu, pada kondisi kelangkaan pangan yang disebabkan misalnya karena bencana alam, banyak masyarakat yang kelaparan. Selain itu, nilai-nilai persatuan dapat terganggu misalnya saat masyarakat antri untuk membeli gas elpiji terjadi saling dorong-dorongan sesama warga. Untuk itu, pemerintah perlu turun tangan untuk melakukan stabilisasi harga. Contohnya dengan menjamin ketersediaan barang yang mengalamikelangkaan. Dengan langkah pemerintah tersebut diharapkan harga barang dan jasa akan kembali stabil dan daya beli masyarakat akan kembali meningkat. Dengan demikian kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia akan terwujud.

Sebelum membahas hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia kita mulai dengan definisi dari kelangkaan, penawaran dan permintaan.

  1. Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang dimiliki jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah manusia yang membutuhkannya.
  2. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang dijual/ditawarkan produsen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu
  3. Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkatan harga dalam periode waktu tertentu.

Dalam kondisi kelangkaan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan sedikit sehingga penawaran akan sedikit juga. Sedangkan jumlah permintaan akan meningkat karena kebutuhan terhadap barang atau jasa tersebut tinggi. Kondisi tersebut mengakibatkan harga barang atau jasa akan naik atau mahal. Peningkatan harga ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dan persatuan Bangsa Indonesia.

Adanya peningkatan harga dan langkanya barang membuat masyarakat kalangan tertentu tidak dapat membeli kebutuhan pokok. Oleh karena itu, pada kondisi kelangkaan pangan yang disebabkan misalnya karena bencana alam, banyak masyarakat yang kelaparan. Selain itu, nilai-nilai persatuan dapat terganggu misalnya saat masyarakat antri untuk membeli gas elpiji terjadi saling dorong-dorongan sesama warga.

Untuk itu, pemerintah perlu turun tangan untuk melakukan stabilisasi harga. Contohnya dengan menjamin ketersediaan barang yang mengalami kelangkaan.  Dengan langkah pemerintah tersebut diharapkan harga barang dan jasa akan kembali stabil dan daya beli masyarakat akan kembali meningkat. Dengan demikian kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia akan terwujud. space

2rb+

Alya Ramandhani

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Deskripsikan dengan singkat hubungan permintaan dengan penawaran!

403

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia