Roboguru

Jelaskan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia dalam berbagai bidang.

Pertanyaan

Jelaskan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia dalam berbagai bidang.space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam hayati (biotik), merupakan sumber daya alam berupa makhluk hidup. Adapun pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia dalam berbagai bidang, diantaranya adalah.

  1. Sebagai sumber pangan, manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas, kemudian energi tersebut didapatkan dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Contohnya adalah bahan makanan berkarbohidrat dan protein yang berasal dari tanaman padi, singkong, jagung, sagu, telur, daging ayam, ikan, daging sapi, gandum, dan tanaman umbi-umbian dll.
  2. Sebagai sumber sandang, sandang merupakan salah satu kebutuhan manusia berupa pakaian yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Contohnya adalah kain dibuat dari kapas yang merupakan buah dari tanaman randu ataupun kain sutra yang terbuat dari kepompong ulat sutra.
  3. Sebagai sumber papan, rumah tempat tinggal manusia memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan bangunan dan aksesorisnya. Contohnya adalah kayu jati yang dimanfaatkan sebagai atap rumah, pintu, kusen, jendela maupun dinding rumah.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana pemanfaatan sumber daya hutan bagi manusia?

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan sumber daya hutan untuk manusia digunakan untuk dimanfaatkan konservasi alam, perlindungan flora dan fauna, pohonya digunakan untuk bahan baku kertas, selain itu hutan juga digunakan untuk fasilitas penjaga kestabilan ekosistem dan air.

0

Roboguru

Kita harus menjaga kelestarian hutan. Salah satu caranya adalah....

Pembahasan Soal:

Upaya untuk menjaga kelestarian hutan salah satunya adalah dengan melakukan penghijauan atau reboisasi. Reboisasi adalah proses penanaman kembali pohon pada kawasan hutan yang telah kehilangan pohonnya. Sedangkan penghijauan adalah kegiatan penanaman pohon pada lahan kosong atau lahan tandus agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dipertahankan dan ditingkatkan kembali kesuburannya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Berikut ini merupakan fungsi hutan... (kecuali)

Pembahasan Soal:

Hutan adalah sebuah area luas yang dipenuhi pepohonan dan tanaman yang lebat. Fungsi dan manfaat hutan bagi makhluk hidup adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Tidak hanya itu, hutan juga berfungsi sebagai habitat bagi beragam spesies flora dan fauna. Selain itu, hutan juga menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk seperti kayu. 

Tidak ada jawaban yang benar.

1

Roboguru

Hutan Indonesia memiliki luas yang sangat besar. Luas hutan yang besar tersebut sampai saat ini dapat dijumpai di beberapa pulau di Indonesia, yaitu di pulau....

Pembahasan Soal:

Diantara pilihan jawaban, luas hutan terbesar terdapat di pulau kalimantan. Luas hutan di seluruh provinsi yang ada di Kalimantan mencapai sekitar 40,8 juta hektare. Sementara itu menurut Greenpeace, hutan di Kalimantan hanya tersisa 25,5 juta di tahun 2010.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

1

Roboguru

Hutan Indonesia selalu berkurang jumlahnya setiap tahun. Oleh sebab itu kita harus tetap menjaga dan melestarikan hutan, karena hutan memiliki fungsi dan manfaat, kecuali....

Pembahasan Soal:

Hutan adalah sebuah area luas yang dipenuhi pepohonan dan tanaman yang lebat. Fungsi dan manfaat hutan bagi makhluk hidup adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Tidak hanya itu, hutan juga berfungsi sebagai habitat bagi beragam spesies flora dan fauna. Manfaat hutan diantaranya sebagai berikut :

  1. merupakan paru-paru dunia
  2. sumber mata pencaharian masyarakat yang tinggal di daerah sekitar hutan
  3. menghasilkan kayu yang bernilai ekonomis tinggi
  4. mengatur iklim
  5. mengatur tata dan daur air

Jadi, jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved