Roboguru

Hutan di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, manfaatnya sebagai....

Pertanyaan

Hutan di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, manfaatnya sebagai....

Pembahasan Soal:

Hutan sangat penting bagi negara, bukan karena hasilnya saja tetapi kelestariannya perlu diperhatikan. Manfaat hutan adalah sebagai berikut.

  • Menyediakan udara bersih. Hutan dapat menyerap karbon dioksida yang ada di udara dan melepas oksigen sehingga dapat memberikan udara bersih.
  • Mencegah tanah longsor.
  • Mencegah banjir
  • Sumber olahan kayu

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hutan berfungsi sebagai pembersih atau penyaring air. Hal ini disebut dengan fungsi ...

Pembahasan Soal:

Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat penting untuk seluruh kehidupan makhluk hidup. Fungsi hutan antara lain sebagai berikut :

  1. Klimatologis, yaitu hutan sebagai pengatur iklim seperti menjaga kelembapan udara, menjaga suhu udara agar tidak terlalu tinggi, dan sebagai penghasil oksigen.
  2. Orologis, yaitu hutan sebagai pencegah erosi dengan adanya akar yang berfungsi menahan hanyutnya bunga tanah, mencegah erosi, dan melindungi tanah lapisan atas.
  3. Estetik, yaitu hutan dapat dinikmati keindahannya sebagai tempat wisata alam atau berpetualang seperti mendaki gunung.
  4. Hidrologis, yaitu hutan sangat berperan sebagai penyimpan air tanah, mengatur tata air tanah, mencegah intrusi air laut, serta menjaga keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau.
  5. Ekologi, yaitu hutan berfungsi sebagai pencegah banjir dan erosi, sebagai tempat untuk mempertahankan keanekaragaman hayati, dan sebagai sumber keanekaragaman hewan dan tumbuhan di hutan dalam melestarikan keanekaragamannya.
  6. Ekonomi, yaitu hutan sebagai penghasil kayu maupun nonkayu yang dapat  digunakan sebagai bahan bangunan dan sebagai penghasil devisa bagi negara, seperti pengiriman triplek dan kerajinan berbahan kayu dan rotan ke luar negeri.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka hutan berfungsi sebagai pembersih atau penyaring air disebut dengan fungsi hidrologis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan data berikut : Menyimpan air hujan Menjadi habitat flora fauna Mengakibatkan terjadinya erosi Mencegah terjadinya pengikisan tanah-tanah yang subur Menyerap oksigen dan menghasilkan ...

Pembahasan Soal:

Hutan adalah ekosistem yang terdiri dari pepohonan lebat dan tumbuhan lainnya dan menempati daerah yang cukup luas. Adapun fungsi hutan adalah sebagai berikut.

  1. Habitat tumbuhan dan hewan
  2. Sebagai tempat daur ulang zat karbondioksida
  3. Menghasilkan oksigen (paru-paru dunia)
  4. Sumber pangan
  5. Sebagai tempat untuk melestarikan air (cadangan air tanah) dan tanah (mencegah erosi)

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

1

Roboguru

Hutan di Indonesia juga menyimpan kekayaan flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) atau keanekaragaman hayati, sebutkan hasil dari hutan di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Keberadaan hutan di seluruh permukaan Bumi memberikan peran yang sangat penting. Hutan di Indonesia memiliki potensi yang besar, hasil dari hutan Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Kayu Ulin, dikenal kuat, keras, berbobot berat, dan awet. Karena kekuatannya, masyarakat memanfaatnya untuk pembuatan bantalan rel kereta api, bangunan pintu air, bangunan pelabuhan, tiang rumah panggung dan sebagainya. Kayu ulin banyak terdapat di hutan Kalimantan dan Sumatra.
  • Kayu Agathis, biasa digunakan untuk pembuatan tangkai keris atau pisau. tersebar di hutan Indonesia seperti di Maluku, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bangka dan Papua.
  • Kayu Jati, Daerah yang banyak terdapat kayu jati seperti hutan di Jawa Timur, Nusa Tenggara, Sulawesi Tenggara dan Jawa Tengah. Kayu jati terkenal dengan kualitasnya dan banyak digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, pintu dan sebagainya. 

0

Roboguru

Bagaimana pemanfaatan sumber daya hutan bagi manusia?

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan sumber daya hutan untuk manusia digunakan untuk dimanfaatkan konservasi alam, perlindungan flora dan fauna, pohonya digunakan untuk bahan baku kertas, selain itu hutan juga digunakan untuk fasilitas penjaga kestabilan ekosistem dan air.

0

Roboguru

Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) dapat diklasifikasikan sebagai sumber daya ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) dapat diklasifikasikan sebagai sumber daya hayati. Sumber daya hayati adalah  sumber daya yang berasal dari mahluk hidup. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved