Roboguru

Jelaskan menurut pendapat kalian mengenai dampak apa yang kalian rasakan dengan berkembangnya agama Islam di Indonesia !

Pertanyaan

Jelaskan menurut pendapat kalian mengenai dampak apa yang kalian rasakan dengan berkembangnya agama Islam di Indonesia !

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Masuknya kebudayaan Islam Pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Perpaduan kebudayaan lokal dan islam menghasilkan akulturasi dalam berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Pengaruh kebudayaan islam pada masyarakat tercermin pada bidang, antar lain sebagai berikut.

  1. Bidang Agama. Pada masa islam, sebagian besar masyarakat di Indonesia menganut agama islam. Meskipun demikian, masih terdapat masyarakat yang menganut agama Hindhu, Budha, atau menganut kepercayaan terhadap roh halus. Hingga saat ini, sebagian besar masyarakat di Indonesia menganut agama islam.
  2. Bidang Politk. Dalam bidang politik masuknya budaya islam, kerajaan yang bercorak Hindhu Budha mulai runtuh dan perananya mulai digantikan oleh kerajaan kerajaan yang bercorak islam. Dalam sistem ini pemerintahan rajanya bergelar Sultan atau Sunan. Nama raja juga disesuaikan dengan nama islam. Dalam ajaran islam memyebutkan bahwa manusia merupakan wakil tuhan didunia.
  3. Bidang Sosial. Dalam ajaran islam tidak menerapkan sistem kasta seperti agama Hindhu. Hal ini yang menyebabkan pengaruh islam berkembang pesat dan mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama islam. Begitu pula dengan sistem penanggalan pada awalnya masyarakat Indonesia mengenal kalender saka yang merupakan kalender Hindhu. Dalam kalender saka terdapat nama hari pasaran seperti Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi. Seiring perkembangan islam, sultan Agung dari kerajaan Mataram menciptakan kalender Jawa. Kalender tersebut menggunakan perhitungan seperti Hijriah (islam). Sultan Agung mengganti nama seperti Muharram menjadi Syuro, Ramadan menjadi Pasa.
  4. Bidang Pendidikan. Pada awal awal masuk Islam di Indonesia, mulanya pendidikan agama dilaksanakan di Masjid,langgar,atau Surau. Pelajaran yang diberikan adalah membaca Al Quran, tata cara beribadah,akhlak dan keimanan. Seiring berjalannya waktu, kemudian muncul pesantren yang merupakan pengadopsian dari agama Hindhu. Pesantren dalam bahasa Jawa memiliki makna seseorang yang mengikuti aktivitas gurunya.
  5. Bidang Kebudayaan. Adat istiadat dan kebiasaan yang banyak berkembang dari budaya islam dapat berupa ucapan salam, acara tahlilan, syukuran, yasinan, dan lain lain. Dalam hal kesenian, banyak dijumpai seni musik seperti kasidah, rebana, marawis, barzanji dan shalawat.

Dengan demikian, dampak positif masuknya islam di nusantara yaitu tidak adanya perbedaan kasta, penghormatan kepada wanita lebih tinggi, hidup masyarakat lebih terarah dan tentram, lebih mengutamakan pendidikan , karena islam memberi kedudukan bagi orang yang berilmu,

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa bahasa Melayu cepat berkembang di Nusantara?

Pembahasan Soal:

Bahasa Melayu digunakan hampir di semua pelabuhan-pelabuhan di Kepulauan Nusantara. Bahasa Melayu sejak zaman kuno sudah menjadi bahasa resmi negara Melayu (Jambi). Pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, bahasa Melayu dijadikan bahasa resmi dan bahasa ilmu pengetahuan. Para pedagang di daerah-daerah sebelah timur Nusantara, juga menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar. Dengan demikian, berkembanglah bahasa Melayu ke seluruh Kepulauan Nusantara.undefined


Berdasarkan penjelasan tersebut, bahasa Melayu sejak zaman dahulu sudah digunakan hampir di semua pelabuhan-pelabuhan di Kepulauan Nusantara, sehingga hal tersebut membuat bahasa Melayu mudah menyebar dan bahkan dijadikan sebagai bahasa pengantar.undefined


 

 

 





 

Roboguru

Perkembangan islam di Pulau Jawa sangat dipengaruhi oleh budaya daerah, Jelaskan maksudnya!

Pembahasan Soal:

Pada saat Islam masuk ke Nusantara khususnya Pulau Jawa peradaban masyarakat Indonesia telah tertata dengan baik. Untuk mengenalkan Islam ke masyarakat, dilakukan cara-cara damai dan dengan strategi pendekatan dengan budaya daerah. Hal ini dilakukan agar Islam dapat diterima oleh masyarakt Indonesia. Salah satu contoh atas hal tersebut adalah strategi dakwah Sunan Kalijaga yang memasukkan cerita ajaran Islam melalui media wayang, serta banyak wali songo lainnya yang melakukan pendekatan budaya dalam menyebarkan agama Islanm. Dengan demikian, perkembangan Islam banyak dipengaruhi oleh budaya daerah sebab budaya daerah digunakan sebagai sarana menyebarkan agama Islam.

Roboguru

Apa yang membedakan sistem pemerintahan sosial dan politik pada masa Hindu-Budha dengan masa islam di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Sistem pemerintahan zaman Hindu Budha yaitu dengan adanya Kerajaan yang dipimpin oleh Raja sedangkan pada zaman Islam sistem pemerintahan berbentuk Kesultanan yang dipimpin oleh Sultan

Roboguru

Buatlah penjelasan dan Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia! Nilai apa saja yang sekiranya dapat kamu amalkan

Pembahasan Soal:

Kerajaan-kerajan Islam sebagai pusat kekuasaan di Indonesia sangat jelas berpengaruh dalam proses Islamisasi dan pendidikan Islam di Indonesia, yaitu sebagai suatu wdah atau lembaga yang dapat mempermudah penyebaran Islam di Indonesia. Ketika kekuasaaan politik Islam semakin kokoh dengan munculnya kerajan-kerajaan Islam, pendidikan semakin memperoleh perhatian, karena kekuataan poltik di gabungkan dngan semangat para mubaligh (pengajar agama) untuk mengajarkan Islam merupakan cara mempercepat tersebarnya Islam di wilayah Indonesia. Nilai-nilai karakter dari perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia adalah adanya Nasionalisme, yaitu rasa cinta raja dan rakyat terhadap kerajaan atau kesultananya. Dibuktikan dengan masa-masa keemasan atau kejayaan kerajaan yang merupakan hasil dari kerjasama antara raja dan rakyatnya. Dan adanya Patriotisme, yaitu rasa rela berkorban raja dan rakyatnya untuk kerajaannya. Dibuktikan dengan perlawanan-perlawanan yang dilakukan untuk menghadapai penjajahan dari Belanda (VOC). Nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengetahui sejarah perkembangan Islam di negara Indonesia.
  2. Lebih menghargai tentang nilai-nilai agama Islam, serta para penganut agama muslim di Indonesia.
  3. Lebih mengenali kekayaan akulturasi di Indonesia
  4. Kita bisa meniru keberanian leluhur kita dalam menyebarkan Islam.


Dengan demikian Nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dapat mengetahui sejarah perkembangan Islam di negara Indonesia, lebih menghargai tentang nilai-nilai agama Islam, lebih mengenali kekayaan akulturasi di Indonesia, dan kita bisa meniru keberanian leluhur kita dalam menyebarkan Islam.space space 

Roboguru

Hikayat Hang Tuah peninggalan kerajaan ...

Pembahasan Soal:

Hikayat Hang Tuah adalah karya sastra klasik pada masa Islam melayu di Nusantara dari Kerajaan Malaka. Cerita dari hikayat hang tuah ini mengisahkan tentang seseorang yang berani melawan kejahatan. Hikayat ini juga mengandung pesan moral yaitu, hendaknya sebagai manusia janganlah suka iri dengan keberhasilan orang lain. Oleh karena sifat tersebut tidak hanya akan merugikan diri sendiri, namun juga orang lain.

Dengan demikian, Hikayat Hang Tuah adalah peninggalan dari Kerajaan Malaka.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved