Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan mengenai pembuatan besi berikut! Selain bijih besi, bahan apa yang diperlukan? Tuliskan fungsi dari bahan-bahan tersebut. Tuliskan reaksi yang terjadi pada bijih besi sehingga menjadi besi. Tuliskan reaksi pembentukan terak.

Jelaskan mengenai pembuatan besi berikut!

  1. Selain bijih besi, bahan apa yang diperlukan?
  2. Tuliskan fungsi dari bahan-bahan tersebut.
  3. Tuliskan reaksi yang terjadi pada bijih besi sehingga menjadi besi.
  4. Tuliskan reaksi pembentukan terak.

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada pembuatan besi menggunakan bijih besi, kokas, dan batu kapur yang berlangsung dalam beberapa tahap hingga dihasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa terak.

pada pembuatan besi menggunakan bijih besi, kokas, dan batu kapur yang berlangsung dalam beberapa tahap hingga dihasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa terak.

Iklan

Pembahasan

Pengolahan logam besi dilakukan dalam dua tahap, yaitu peleburan dan peleburan ulang. Tahap peleburan pertama bertujuan untuk mereduksi bijih besi menjadi besi. Peleburan ini menggunakan kokas (karbon) dan batu kapur ( ). Peleburan kedua bertujuan untuk membuat baja. Oleh karena itu, pembuatan besi kita bahas hanya pada tahap pertama. Peleburan logam besi dilakukan dalam suatu tanur yang biasa disebut sebaagi tanur tiup ( blast furnace ). Hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan besi sebagai berikut. Selain bijih besi, bahan yang digunakan pada pengolahan besi adalah kokas (C) dan batu kapur ( ). Kokas berfungsi sebagai reduktor, sedangkan batu kapur berfungsi sebagai fluks, yaitu bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi dan memisahkan pengotor tersebut dalam bentuk cairan kental yang disebut terak (slag). Pada tanur tiup, ditiupkan udara panas yang akan membakarkokas sehingga terbentuk karbon dioksida. Karbon dioksida segera bereaksi dengan kokas yang sedang bergerak turun sehingga terbentuk gas karbon monoksida. Karbon monoksida inilah yang mereduksi bijih besi menjadi besi pada daerah yang lebih tinggi dalam tanur. Bijih besi tereduksi secara bertahap seperti persamaan reaksi berikut. Total dari ketiga tahap reaksi diatas adalah: Batu kapur yang digunakan sebagai fluks mengikat pengotor yang bersifat asam membentuk terak. Reaksi pembentukan terakberlangsung sebagai berikut: Dengan demikian, pada proses pembuatan besi dilakukan pada tanur tiup dengan menggunakan bahan bijih besi,kokas (C) dan batu kapur. Pada tanur tiup, peleburan bijih besi berlangsung dalam beberapa tahap menghasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa pengotor yang disebut terak. Jadi, pada pembuatan besi menggunakan bijih besi, kokas, dan batu kapur yang berlangsung dalam beberapa tahap hingga dihasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa terak.

Pengolahan logam besi dilakukan dalam dua tahap, yaitu peleburan dan peleburan ulang. Tahap peleburan pertama bertujuan untuk mereduksi bijih besi menjadi besi. Peleburan ini menggunakan kokas (karbon) dan batu kapur (begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 end style). Peleburan kedua bertujuan untuk membuat baja. Oleh karena itu, pembuatan besi kita bahas hanya pada tahap pertama.

Peleburan logam besi dilakukan dalam suatu tanur yang biasa disebut sebaagi tanur tiup (blast furnace). Hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan besi sebagai berikut.

Selain bijih besi, bahan yang digunakan pada pengolahan besi adalah kokas (C) dan batu kapur (begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 end style). Kokas berfungsi sebagai reduktor, sedangkan batu kapur berfungsi sebagai fluks, yaitu bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi dan memisahkan pengotor tersebut dalam bentuk cairan kental yang disebut terak (slag).

Pada tanur tiup, ditiupkan udara panas yang akan membakar kokas sehingga terbentuk karbon dioksida.

C and O subscript 2 yields C O subscript 2 

Karbon dioksida segera bereaksi dengan kokas yang sedang bergerak turun sehingga terbentuk gas karbon monoksida. 

C O subscript 2 and C yields 2 C O 

Karbon monoksida inilah yang mereduksi bijih besi menjadi besi pada daerah yang lebih tinggi dalam tanur. Bijih besi tereduksi secara bertahap seperti persamaan reaksi berikut. 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell 3 Fe subscript 2 O subscript 3 and C O end cell rightwards arrow cell 2 Fe subscript 3 O subscript 4 and C O subscript 2 end cell row cell Fe subscript 3 O subscript 4 and C O end cell rightwards arrow cell 3 Fe O and C O subscript 2 end cell row cell Fe O and C O end cell rightwards arrow cell Fe and C O subscript 2 end cell end table end style

Total dari ketiga tahap reaksi diatas adalah:

Fe subscript 2 O subscript 3 and 3 C O yields 2 Fe and 3 C O subscript 2 

Batu kapur yang digunakan sebagai fluks mengikat pengotor yang bersifat asam membentuk terak. Reaksi pembentukan terak berlangsung sebagai berikut:

begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 yields Ca O and C O subscript 2 Ca O and Si O subscript 2 yields Ca Si O subscript 3 3 Ca O and P subscript 2 O subscript 5 yields Ca subscript 3 open parentheses P O subscript 4 close parentheses subscript 2 end style 

Dengan demikian, pada proses pembuatan besi dilakukan pada tanur tiup dengan menggunakan bahan bijih besi, kokas (C) dan batu kapur. Pada tanur tiup, peleburan bijih besi berlangsung dalam beberapa tahap menghasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa pengotor yang disebut terak.

Jadi, pada pembuatan besi menggunakan bijih besi, kokas, dan batu kapur yang berlangsung dalam beberapa tahap hingga dihasilkan lelehan logam besi dan hasil samping berupa terak.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini beberapa proses pengolahan logam: Down; Tanur tiup; Ekstraksi; Wohler; dan Hall-Heroult Pengolahan besi menggunakan proses yang ditunjukkan oleh nomor ….

7

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia