Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan mekanisme proses pembentukan urin!

Jelaskan mekanisme proses pembentukan urin!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

proses pembentukan urin terdiri atas 3 tahapan, yaitu Filtrasi, Reabsorbsi, dan Augmentasi.

proses pembentukan urin terdiri atas 3 tahapan, yaitu Filtrasi, Reabsorbsi, dan Augmentasi.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Mekanisme pembentukan urin terjadi di dalam bagian Nefron ginjal dan terdiri atas 3 tahapan, yaitu: Filtrasi Merupakan proses penyaringan darah dari senyawa dan molekul besar seperti sel darah dan protein darah. Proses ini menghasilkan filtrat yang disebut sebagai urin primer yang sudah tidak mengandung senyawa besar seperti sel darah dan protein darah. Filtrasi terjadi di Glomerulus yang terletak di dalam Kapsula Bowman. Reabsorbsi Merupakan penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh yang masih ada di dalam urin primer seperti glukosa, asam amino, sebagian ion dan garam mineral, serta sebagian kelebihan air. Reabsorbsi terjadi di 2 lokasi, pertama terjadi di Tubulus Kontortus Proksimal untuk reabsorbsi air, glukosa dan asam amino; kedua terjadi di Lengkung Henle untuk Reabsorbsi ion dan garam mineral. Hasil dari Reabsorbsi adalah urin sekunder yang sudah tidak mengandung senyawa yang masih berguna seperti asam amino dan glukosa, menyisakan sebagian air, sebagian ion dan garam mineral, dan zat sisa metabolisme seperti urea dan amonia. Augmentasi Merupakan proses penambahan zat sisa seperti sisa obat dan kelebihan senyawa lain dari tubuh seperti vitamin dan mineral, serta penambahan zat warna urin yaitu Urobilin ke dalam urin sekunder dan menghasilkan Urin sesungguhnya. Proses ini terjadi di Tubulus Kontortus Distal. Hasil urin sesungguhnya mengandung air, zat warna urin, sisa obat jika ada, kelebihan ion dan garam mineral, serta sisa metabolisme seperti urea dan amonia. Kemudian urin tersebut akan disalurkan ke Tubulus Kolektivus menuju Medula dan Pelvis ginjal untuk dikeluarkan dari ginjal menuju Ureter, Vesika Urinaria (Kandung Kemih), dan dikeluarkan dari tubuh lewat Uretra. Dengan demikian, proses pembentukan urin terdiri atas 3 tahapan, yaitu Filtrasi, Reabsorbsi, dan Augmentasi.

Mekanisme pembentukan urin terjadi di dalam bagian Nefron ginjal dan terdiri atas 3 tahapan, yaitu:

  1. Filtrasi
    Merupakan proses penyaringan darah dari senyawa dan molekul besar seperti sel darah dan protein darah. Proses ini menghasilkan filtrat yang disebut sebagai urin primer yang sudah tidak mengandung senyawa besar seperti sel darah dan protein darah. Filtrasi terjadi di Glomerulus yang terletak di dalam Kapsula Bowman.
  2. Reabsorbsi
    Merupakan penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh yang masih ada di dalam urin primer seperti glukosa, asam amino, sebagian ion dan garam mineral, serta sebagian kelebihan air. Reabsorbsi terjadi di 2 lokasi, pertama terjadi di Tubulus Kontortus Proksimal untuk reabsorbsi air, glukosa dan asam amino; kedua terjadi di Lengkung Henle untuk Reabsorbsi ion dan garam mineral. Hasil dari Reabsorbsi adalah urin sekunder yang sudah tidak mengandung senyawa yang masih berguna seperti asam amino dan glukosa, menyisakan sebagian air, sebagian ion dan garam mineral, dan zat sisa metabolisme seperti urea dan amonia.
  3. Augmentasi
    Merupakan proses penambahan zat sisa seperti sisa obat dan kelebihan senyawa lain dari tubuh seperti vitamin dan mineral, serta penambahan zat warna urin yaitu Urobilin ke dalam urin sekunder dan menghasilkan Urin sesungguhnya. Proses ini terjadi di Tubulus Kontortus Distal. Hasil urin sesungguhnya mengandung air, zat warna urin, sisa obat jika ada, kelebihan ion dan garam mineral, serta sisa metabolisme seperti urea dan amonia. Kemudian urin tersebut akan disalurkan ke Tubulus Kolektivus menuju Medula dan Pelvis ginjal untuk dikeluarkan dari ginjal menuju Ureter, Vesika Urinaria (Kandung Kemih), dan dikeluarkan dari tubuh lewat Uretra.

Dengan demikian, proses pembentukan urin terdiri atas 3 tahapan, yaitu Filtrasi, Reabsorbsi, dan Augmentasi.space 

Latihan Bab

Apa itu Ekskresi?

Ekskresi pada Ginjal

Ekskresi pada Hati

Ekskresi pada Kulit

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan proses tahap-tahap pembentukan urine dan dimana dihasilkan atau terbentuknya masing-masing!

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia