Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika hendak mengenal orang yang baik perangai
lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai.

        Cahari olehmu akan sahabat,
        yang boleh dijadikan obat.space 

Jelaskan maksud isi dari gurindam di bawah ini!

Jelaskan maksud isi dari gurindam di bawah ini!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maksud isi gurindam tersebut adalah kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan.

maksud isi gurindam tersebut adalah kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalahgurindam tersebut berisi pesan kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan Gurindam adalah puisi lama yang berisi nasihat atau sindiran. Dalam gurindam terkandung ajaran atau nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada pembaca. Ciri-ciri gurindam adalah sebagai berikut. Setiap bait terdiri atas dua baris. Setiap baris terdiri dari 10-14 suku kata. Rima akhirnya berpola a-a. Baris pertama berisi sebab. Baris kedua berisi akibat. Biasanya gurindam bermakna petuah atau filosofi hidup. Langkah-langkah menentukan maksud isi gurindam adalah sebagai berikut. Membaca gurindam dengan saksama. Memaknai kata-kata dalam setiap larik. Analisis tiap kata dalam larik gurindam. Mencermati baris kedua karena dalam baris ini berisi isi atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Menentukan maksud isi dari gurindam. Bait pertama gurindam tersebut memiliki maksud kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihat saat ia sedang bersosialisasi dengan banyak orang. Bait kedua memiliki maksud untuk mencari sahabat yang selalu ada dalam keadaan suka maupun duka. Dengan demikian, maksud isi gurindam tersebut adalah kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan.

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah gurindam tersebut berisi pesan kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan

Gurindam adalah puisi lama yang berisi nasihat atau sindiran. Dalam gurindam terkandung ajaran atau nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Ciri-ciri gurindam adalah sebagai berikut.

  1. Setiap bait terdiri atas dua baris.
  2. Setiap baris terdiri dari 10-14 suku kata.
  3. Rima akhirnya berpola a-a.
  4. Baris pertama berisi sebab.
  5. Baris kedua berisi akibat.
  6. Biasanya gurindam bermakna petuah atau filosofi hidup.

Langkah-langkah menentukan maksud isi gurindam adalah sebagai berikut.

  1. Membaca gurindam dengan saksama.
  2. Memaknai kata-kata dalam setiap larik. Analisis tiap kata dalam larik gurindam.
  3. Mencermati baris kedua karena dalam baris ini berisi isi atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
  4. Menentukan maksud isi dari gurindam.

Bait pertama gurindam tersebut memiliki maksud kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihat saat ia sedang bersosialisasi dengan banyak orang. Bait kedua memiliki maksud untuk mencari sahabat yang selalu ada dalam keadaan suka maupun duka.

Dengan demikian, maksud isi gurindam tersebut adalah kalau mau tahu sifat atau kepribadian seseorang, lihatlah perilakunya saat bergaul dengan banyak orang; dan carilah sahabat yang selalu ada, dapat dijadikan tempat berbagi kesedihan.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

lira risma Nalifah lira risma

Jawaban ini sangat membantu

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan pemahaman terhadap struktur dan kebahasaan pada pantun, syair, dan gurindam, telaah atau analisislah contoh puisi rakyat tersebut!

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia