Roboguru

Jelaskan majas yang digunakan dalam kutipan puisi tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan majas yang digunakan dalam kutipan puisi tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Majas atau gaya bahasa adalah penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Adapun macam-macam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars prototo, totem proparte, hingga paradoks.

Majas yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut didominasi oleh majas personifikasi. Majas personifikasi merupakan majas yang menggambarkan benda mati seolah hidup. Majas personifikasi yang terdapat pada puisi di atas dapat terlihat pada larik Di kelam hitam mengepung, Menjerit peluit kereta malam, Merintih ke langit, Derita hidup mengepung, Menjerit bangsaku sedang berjuang, dan Merintih ke langit. 

Dengan demikian, Majas yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut didominasi oleh majas personifikasi. Majas personifikasi merupakan majas yang menggambarkan benda mati seolah hidup. Majas personifikasi yang terdapat pada puisi di atas dapat terlihat pada larik Di kelam hitam mengepung, Menjerit peluit kereta malam, Merintih ke langit, Derita hidup mengepung, Menjerit bangsaku sedang berjuang, dan Merintih ke langit.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved