Roboguru

Gaya bahasa/majas pada bait puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Gaya bahasa/majas pada bait puisi tersebut adalah ....space 

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Puisi terdiri dari dua struktur, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Salah satu bagian dari struktur fisik adalah majas. Majas adalah gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Hal ini bertujuan membuat pembaca mendapat efek tertentu dari gaya bahasa tersebut yang cenderung ke arah emosional. Biasanya, majas bersifat tidak sebenarnya alias kias ataupun konotasi.

Jenis-jenis majas:

  1. Personifikasi. Gaya bahasa ini seakan menggantikan fungsi benda mati yang dapat bersikap layaknya manusia.
  2. Metafora. Yaitu meletakkan sebuah objek yang bersifat sama dengan pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk ungkapan.
  3. Hiperbola. Yaitu mengungkapkan sesuatu dengan kesan berlebihan, bahkan hampir tidak masuk akal.
  4. Asosiasi. Yaitu membandingkan dua objek yang berbeda, namun dianggap sama dengan pemberian kata sambung bagaikan, bak, ataupun seperti.
  5. Simile. Hampir sama dengan asosiasi yang menggunakan kata hubungan bak, bagaikan, ataupun seperti; hanya saja simile bukan membandingkan dua objek yang berbeda, melainkan menyandingkan sebuah kegiatan dengan ungkapan.

Berdasarkan penjelasan jenis-jenis majas tersebut, majas yang digunakan pada bait puisi tersebut adalah majas personifikasi. Hal ini terlihat pada hampir semua bait, seperti pada bait pertama Saat dedaunan mulai memanggilmu, bait ini membandingkan sifat daun dengan sifat manusia, yaitu "memanggil". Selain itu juga terlihat pada bait terakhir, Awan pun akan menangis merindukan hadirmu, awan juga diibaratkan manusia, bisa "menangis".

Dengan demikian, majas yang digunakan dalam bait puisi di atas adalah personifikasi.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor 4, yaitu pada lirik "Mengelus daun cemara"undefined

Majas yang terdapat pada lirik tersebut adalah majas sinestesia, yaitu metafora berupa ungkapan yang berhubungan dengan suatu indra untuk dikenakan pada indra lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Majas apa yang mendominasi puisi diatas adalah………

Pembahasan Soal:

Majas (figurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Majas apa yang mendominasi puisi diatas adalah Majas paralelisme, yaitu majas perulangan yang tersusun dalam baris yang berbeda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Baris ke-4 kutipan puisi di atas menggunakan majas ....

Pembahasan Soal:

Gaya bahasa atau majas adalah ungkapan penyampaian pesan yang menggunakan kata-kata kiasan. Jenis-jenis majas diantaranya adalah majas sindiran, pertentangan, penegasan, dan perbandingan. Keempat jenis majas tersebut dibagi lagi menjadi beberapa macam majas. Diantara majas yang sering digunakan pada puisi diantaranya:

  1. Majas hiperbola termasuk sebagai satu di antara majas perbandingan. Majas hiperbola digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara yang berlebihan, bahkan sering tidak masuk akal.
  2. Litotes termasuk majas perbandingan yang umumnya menggunakan ungkapan merendahkan diri, padahal fakta kenyataan yang terjadi justru sebaliknya.
  3. Majas metafora termasuk majas perbandingan. Majas metafora merupakan majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.
  4. Majas personifikasi termasuk majas perbandingan. majas personifikasi adalah pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada sesuatu yang bukan manusia.

Bunyi salah satu larik puisi di atas, yaitu: "Dan tinggallah rel-rel, peron dan lampu yang menggigil di angin senja" mengandung majas personifikasi karena dalam larik puisi tersebut mengungkapkan perilaku manusia (menggigil) yang dilakukan oleh benda mati (rel-rel, peron, dan lampu).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Penggalan puisi di atas pada larik pertama dan kedua merupakan pemilihan kata (diksi) menggunakan ….

Pembahasan Soal:

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata.

Majas merupakan salah satu unsur pembangun puisi. Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Majas terdiri atas beberapa jenis, salah satu jenis majas perbandingan adalah majas metafora. Majas metafora merupakan majas atau gaya bahasa yang membandingkan sifat suatu benda dengan benda lain secara langsung.

Larik pertama dan kedua baris tersebut, “Aku ini binatang jalang, dari kumpulannya terbuang” menggunakan majas metafora karena membandingkan dua hal, yaitu dirinya dan binatang jalang. Kata binatang jalang bermakna binatang liar yang tidak suka diperintah dan tidak mau tunduk pada aturan-aturan yang ada. Kata dari kumpulannya terbuang bermakna sosok aku berbeda dengan kelompoknya. 

Dengan demikian, penggalan puisi di atas pada larik pertama dan kedua merupakan pemilihan kata (diksi) menggunakan majas metafora.space 

0

Roboguru

Arti larik Batang usiaku sudah tinggi adalah ...

Pembahasan Soal:

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Majas bersifat tidak sebenarnya alias kias ataupun konotasi. Dalam kalimat "Batang usiaku sudah tinggi " merupakan kalimat bermajas. Kata "usiaku" merujuk pada umur dan kata "sudah tinggi" merujuk pada umur yang menua. Kalimat tersebut menimbulkan imaji visual bahwa penyair telah menempuh usia tua. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved