Roboguru

Jelaskan latar belakang terjadinya tuntutan reformasi

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang terjadinya tuntutan reformasi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1998, di Indonesia, terjadi gerakan reformasi yang diwakili oleh mahasiswa Indonesia. Keinginan untuk reformasi, terutama disebabkan karena adanya ketertutupan sistem politik dan kehidupan demokrasi pada Masa Orde Baru, sehingga lahirnya gerakan reformasi adalah upaya untuk kembali membuka keterbukaan dalam sistem politik dan pengelolaan negara.
Adapun hal-hal yang melatarbelakangi terjadinya tuntutan reformasi di antaranya, secara ekonomi kurs rupiah melemah Rp.17.000/dolar AS, akibat dari efek domino krisis moneter yang melanda sebagian negara2 di Asia. Selain itu utang luar negeri Indonesia mencapai US$ 138 miliar, inflasi / naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok
Secara politik, pada Orde Baru  budaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) telah mengakar kuat di dalam tubuh birokrasi pemerintahan. Besarnya peranan militer dalam orde baru- DPR dan MPR tidak lagi berfungsi secara demokratis, serta adanya rasa krisis kepercayaan kepada pemerintah Orde Baru yang penuh dengan KKN.
Dalam bidang hukum, misalnya belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara

Dengan demikian munculnya gerakan reformasi dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerakan Reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Penyebab utama terjadinya...

Pembahasan Soal:

Tuntutan mahasiswa kepada pemerintah melahirkan sebuah gerakan reformasi pada tahun 1998. Secara umum latar belakang gerakan ini adalah karena penyelewengan dan perlakuan tidak adil pada masa Orde Baru. Ketidakadilan ini terjadi di berbagai bidang, yaitu politik, hukum, dan ekonomi dimana di semua bidang tersebut terdapat praktik KKN. Kekecewaan tersebut kemudian mendorong terjadinya gerakan reformasi yang banyak menelan korban dari mahasiswa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Mengapa masyarakat menghendaki reformasi di bidang hukum pada masa Orde Baru?

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, masyarakat menghendaki adanya reformasi karena masyarakat ingin mendudukkan masalah-masalah hukum pada kedudukan atau posisi yang sebenarnya yang telah menyimpang dari ketentuan yang ditetapkan sebelumnya. Pemerintahan Orde Baru tidak konsisten dan konsekuen terhadap tekan awal munculnya Orde Baru. Tidak konsisten dan konsekuen melaksanakan Pancasila & UUD 1945. Keinginan untuk terus menerus mempertahankan kekuasaannya atau status QUO dan banyak penyelewengan dilakukan terhadap Pancasila dan ketentuan UUD 1945.

 

Dengan demikian, masyarakat menghendaki reformasi di bidang hukum masa Orde Baru karena masyarakat ingin mendudukkan masalah-masalah hukum pada kedudukan atau posisi yang sebenarnya yang telah menyimpang dari ketentuan yang ditetapkan sebelumnya.

Roboguru

Dampak positif lahirnya reformasi di Indonesia adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Reformasi juga berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Pertama, masyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas. Kedua, setiap individu mendapatkan kesempatanuntuk berpolitik terbuka lebar tanpa takut untuk mengkritik lawan politiknyaagar bisa  membentuk pemerintahan yang lebih demokratis. Ketiga, Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap dunia internasional, sehingga mobilitas terhadap berbagai bidang semakin berkembang

Roboguru

Jelaskan langkah awal pelaksanaan Gerakan Reformasi!

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan awal gerakan reformasi dimulai dengan protes masyarakat sebagai akibat dari krisis moneter. Hal ini berlanjut dengan ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Soeharto yang penuh dengan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Hal ini kemudian menyebabkan kerusuhan dan demo besar - besaran yang dilakukan oleh mahasiswa dengan dukungan berbagai kalangan. Peristiwa tersebut kemudian menjadi awal dari dimulainya gerakan reformasi.


Dengan demikian, awal mula gerakan reformasi dimulai dari rasa tidak puas masyarakat kepada pemerintahan Presiden Soeharto. space space 

Roboguru

Gerakan reformasi Indonesia pada tahun 1998 mempunyai agenda utama adalah….

Pembahasan Soal:

Agenda utama dari demonstrasi angkatan 98 adalah menurunkan Soeharto. Pemerintahan Soeharto menghadapi permasalahan multidimensional, permalahan ekonomi karena krisis ekonomi asia yang berawal dari Thailand dan permasalahan politik karena terjadi ketidakpercayaan hasil pemilu 1997. 

Demonstrasi berawal dari kekecewaan dengan kemenangan Golkar di Pemilu 1997 yang berujung bakal semakin lamanya kekuasaan Soeharto disambut dengan aksi unjuk rasa oleh mahasiswa di Yogyakarta. Ketua Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Di sisi ekonomi, Krisis Keuangan Asia dimulai pada tanggal 2 Juli 1997 ketika pemerintah Thailand yang saat itu dibebani utang luar negeri yang besar, memutuskan untuk mengambangkan mata uang baht sehingga meningkatkan harga dollar terhadap mata uang baht.

Hal tersebut juga terjadi di Indonesia pada bulan Agustus 1997 ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah dari Rp 2.500,00 menjadi Rp 2.650,00 per 1 USD. Nilai ini terus memburuk. Rupiah mulai merangkak naik dari Rp 5.000, Rp 7.000, Rp 11.000 dan terus melemah dalam waktu singkat. Pada tahun 1998, rupiah bahkan mencapai nilai paling buruk Rp 16.800 per 1 USD.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved