Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang Perjanjian Roem-Royen!

Jelaskan latar belakang Perjanjian Roem-Royen!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar belakang perundingan Roem-Royen adalah akibat aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada Agresi Militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda.

latar belakang perundingan Roem-Royen adalah akibat aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada Agresi Militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda.

Iklan

Pembahasan

Perjanjian Roem-Royen adalah perundingan yang dibuat Indonesia dengan Belanda pada 7 Mei 1949 untuk menyelesaikan konflik di awal kemerdekaan. Perundingan tersebut dipimpin oleh Mele Cochran dari Amerika Serikat. Untuk delegasi dari Indonesia adalah Moh. Roem, sedangkan delegasi dari Belanda adalah H.J. Van Royen. Latar belakang perundingan Roem-Royen adalah aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada agresi militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda. Akhirnya, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 4 Januari 1949 memerintahkan Belanda dan Indonesia menghentikan masing-masing operasi militernya. United Nations Commission for Indonesia (UNCI) membawa perwakilan kedua negara ke meja perundingan pada 17 April 1949. Dengan demikian latar belakang perundingan Roem-Royen adalah akibat aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada Agresi Militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda.

Perjanjian Roem-Royen adalah perundingan yang dibuat Indonesia dengan Belanda pada 7 Mei 1949 untuk menyelesaikan konflik di awal kemerdekaan. Perundingan tersebut dipimpin oleh Mele Cochran dari Amerika Serikat. Untuk delegasi dari Indonesia adalah Moh. Roem, sedangkan delegasi dari Belanda adalah H.J. Van Royen. Latar belakang perundingan Roem-Royen adalah aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada agresi militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda. Akhirnya, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 4 Januari 1949 memerintahkan Belanda dan Indonesia menghentikan masing-masing operasi militernya. United Nations Commission for Indonesia (UNCI) membawa perwakilan kedua negara ke meja perundingan pada 17 April 1949. 

Dengan demikian latar belakang perundingan Roem-Royen adalah akibat aksi militer yang dilakukan oleh Belanda pada Agresi Militer II serta ketegangan-ketegangan akibat konflik Indonesia-Belanda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

89

Ruangguru BKL

Ini yang aku cari!

Wafiq Azizah

Ini yang aku cari!

Anon

Pembahasan lengkap banget

Cinta Mafit

Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan perundingan apa saja yang dilakukan setelah proklamasi!

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia