Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskanlatar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional ?

Jelaskan latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional ?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

, latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

, latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Hari kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei. Hari Kebangkitan Nasional sebagai tanda lahirnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang bersama-sama dalam mengusir penjajahan. Hari Kebangkitan Nasional pertama kali ditetapkan oleh Soekarno tahun 1948 yakni tgl 20 Mei akibat kondisi politik Indonesia yang memanas pada saat itu terkait adanya perpecahan golongan, ideologi dan Belanda yang ingin mengembalikan kekuasaannya. Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena tanggal lahirnya organisasi pertama yang menyuarakan nasionalisme yakni Budi Utomo, dianggap sebagai cikal bakal gerakan mencapai kemerdekaan Indonesia dan berdirinya Budi Utomo memicu munculnya organisasi yang lain di Indonesia. Dengan demikian , latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

Hari kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei. Hari Kebangkitan Nasional sebagai tanda lahirnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang bersama-sama dalam mengusir penjajahan.

Hari Kebangkitan Nasional pertama kali ditetapkan oleh Soekarno tahun 1948 yakni tgl 20 Mei akibat kondisi politik Indonesia yang memanas pada saat itu terkait adanya perpecahan golongan, ideologi dan Belanda yang ingin mengembalikan kekuasaannya.

Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena tanggal lahirnya organisasi pertama yang menyuarakan nasionalisme yakni Budi Utomo, dianggap sebagai cikal bakal gerakan mencapai kemerdekaan Indonesia dan berdirinya Budi Utomo memicu munculnya organisasi yang lain di Indonesia.

Dengan demikian, latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Budi Utomo dari kata Budi dan Utomo, yang artinya...

118

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia