Jelaskan langkah-langkah membuat sinopsis!

Pertanyaan

Jelaskan langkah-langkah membuat sinopsis!undefined

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

langkah-langkah membuat sinopsis adalah membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis, mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan-gagasan yang penting, menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama dengan menggunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik, dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja, dan sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.space

Pembahasan

Sinopsis adalah sebuah ringkasan dari suatu karya atau gagasan yang berbentuk naratif. Dalam penulisan sinopsis yang tepat, penulis perlu memerhatikan langkah-langkah membuat sinopsis. Langkah-langkah membuat sinopsis adalah sebagai berikut.

  1. Membaca naskah asli terdahulu. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh penulis sinopsis adalah membaca naskah asli atau karya. Tujuannya adalah untuk mengetahui kesan umum penulis. Membaca naskah asli dilakukan dengan membaca keseluruhan isi buku.
  2. Mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan-gagasan yang penting. Setelah membaca maupun sedang proses membaca, penulis sinopsis dapat mencatat gagasan utama tiap bagian, bab, dan subbab. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan tanda di setiap gagasan-gagasan penting yang ditemukan.
  3. Menulis ringkasan. Dalam tahap ini, menulis dilakukan berdasarkan gagasan-gagasan utama yang ditemukan. Penulisannya dengan menggunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja. Dalam penulisan sinopsis buku fiksi, dialog dan monolog ditulis bagian yang paling penting.
  5. Sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel. Dalam penulisan sinopsis novel, jalan cerita harus tetap dipertahankan. Penjabaran keseluruhan isi sebuah novel juga harus tetap dijabarkan .

Dengan demikian, langkah-langkah membuat sinopsis adalah membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis, mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan-gagasan yang penting, menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama dengan menggunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik, dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja, dan sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bolehkah menulis ikhtisar dengan mengutip langsung kalimat atau paragraf dalam sebuah buku? Jelaskan alasan Anda.

159

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia