Roboguru

Jelaskan cara membuat ikhtisar!

Jelaskan cara membuat ikhtisar!space

Jawaban:

Ikhtisar atau intisari merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah tulisan dalam bentuk yang sangat singkat. Dalam penulisan ikhtisar, hal yang perlu diperhatikan adalah cara atau langkah-langkah. Cara tersebut perlu diperhatikan agar ikhtisar tersusun dengan tepat. Cara membuat ikhtisar adalah sebagai berikut.

  1. Membaca dan memahami teks asli
    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembacaan teks asli ini meliputi membaca dan memahami tujuan/maksud penulis, pokok persoalan/tema tulisan, sikap pengarang terhadap pokok persoalan yang dimaksud (mengejek, menyindir, menegaskan, menentang), dan sikap pengarang terhadap pembacanya (mengajak, memberi tahu, membujuk, melarang, mengingatkan, mengharuskan).
  2. Menandai informasi penting atau gagasan utama dalam teks
    Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan dan menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf. Sementara itu, gagasan penjelas atau gagasan pendukung adalah pernyataan yang menjelaskan, memperinci, memperdalam, menguraikan, dan mendukung isi gagasan utama.
  3. Mencatat butir-butir informasi penting dalam bentuk kerangka ide
    Kerangka ide adalah kumpulan gagasan-gagasan.utama dan gagasan penjelas yang memberikan sokongan kuat terhadap gagasan utama dari setiap paragraf. Pada langkah ini, gagasan-gagasan utama penulis dikumpulkan untuk dijadikan dasar bagi penulisan ikhtisar.
  4. Menulis ikhtisar
    Setelah ide-ide pengarang dikumpulkan, tulis ulang dalam wujud yang lebih singkat yang berbeda dari wujud semula. Hal penting yang harus diperhatikan pada langkah ini adalah merekonstruksi ide, menyaring, serta memadatkannya tanpa mengganggu keutuhan dan keaslian maksud penulis aslinya. Agar kaitan antargagasan menjadi runtun dan padu, pembuat ikhtisar boleh menggunakan konjungsi (kata hubung) yang dapat mengikat keutuhan ikhtisar yang dibuatnya.
  5. Membandingkan ikhtisar dengan teks semula
    Ikhtisar yang telah dibuat harus diperiksa ulang untuk memastikan bahwa informasi yang telah direproduksi dalam ikhtisar tersebut tidak menyimpang dari tulisan aslinya.

Dengan demikian, cara membuat ikhtisar adalah membaca dan memahami teks asli, menandai informasi penting atau gagasan utama dalam teks, mencatat butir-butir informasi penting dalam bentuk kerangka ide, menulis ikhtisar, dan membandingkan ikhtisar dengan teks semula.space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved