Pertanyaan

Jelaskan kondisi yang menunjukkan bahwa Ni 2 + dapat diendapkan sebagai endapan nikel sulfida ( NiS ) darilarutan yang mengandung Ni 2 + dan Mn 2 + masing-masing dengan konsentrasi 0,10 M, sedangkan Mn 2 + masih berada sebagai ion-ion bebas dalam larutan. Diketahui, K sp ​ NiS = 3 , 2 × 1 0 − 19 , K sp ​ MnS = 3 , 0 × 1 0 − 13 .

Jelaskan kondisi yang menunjukkan bahwa  dapat diendapkan sebagai endapan nikel sulfida () dari larutan yang mengandung dan  masing-masing dengan konsentrasi 0,10 M, sedangkan masih berada sebagai ion-ion bebas dalam larutan. Diketahui, ,

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

[ S 2 + ] harus sekecil mungkin agar tidak ada MnS yang mengendap. Pada soal diketahui bahwa Ni 2 + dapat diendapkan menjadi NiS dari larutan yang mengandung Ni 2 + dan Mn 2 + serta diketahui harga K sp ​ kedua larutan. Maka untuk mengetahui kondisi apakah terjadi endapan atau tidak digunakan Penentuan Pengendapan dari Pencampuran 2 Elektrolit. Ni 2 + dapat diendapkan sebagai endapan NiS melalui penambahan ion S 2 − ke dalam larutan. Konsentrasi ion S 2 − harus diatur dengan mengacu pada kriteria berikut: [ S 2 − ] barus cukup besar untuk mengendapkan Ni 2 + sebanyak mungkin. [ S 2 − ] harus sekecil mungkin agar tidak ada MnS yang mengendap. Kriteria kedua lebih mudah dilakukan daripada yang pertama, karenajika konsentrasi S 2 − cukup besar maka MnS juga akan mengendap sehingga kedua ion tidak dapat dipisahkan.

[] harus sekecil mungkin agar tidak ada  yang mengendap.


Pada soal diketahui bahwa  dapat diendapkan menjadi  dari larutan yang mengandung  dan  serta diketahui harga  kedua larutan. Maka untuk mengetahui kondisi apakah terjadi endapan atau tidak digunakan Penentuan Pengendapan dari Pencampuran 2 Elektrolit.

 dapat diendapkan sebagai endapan  melalui penambahan ion  ke dalam larutan. Konsentrasi ion  harus diatur dengan mengacu pada kriteria berikut:

  1. [] barus cukup besar untuk mengendapkan  sebanyak mungkin.
  2. [] harus sekecil mungkin agar tidak ada  yang mengendap.

Kriteria kedua lebih mudah dilakukan daripada yang pertama, karenajika konsentrasi  cukup besar maka  juga akan mengendap sehingga kedua ion tidak dapat dipisahkan.

13

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam suatu larutan terdapat CaCl 2 ​ dan BaCl 2 ​ masing-masing 0,01 M. Larutan tersebut ditetesi sedikit demi sedikit dengan larutan Na 2 ​ SO 4 ​ . Anggap volume larutan tidak berubah dengan penamb...

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia