Roboguru

Jelaskan kesulitan yang dihadapi Taman Siswa masa ...

Jelaskan kesulitan yang dihadapi Taman Siswa masa penjajahan Belanda dan bagaimana Taman Siswa menghadapinya? space

Jawaban:

Belanda pernah memberlakukan Wilde Scholen Ordonantie atau Peraturan Sekolah Liar pada tahun 1932 yang berisi sekolah-sekolah partikelir termasuk Taman Siswa harus meminta izin kepada pemerintah kolonial Hindia Belanda sebelum mengajar. Hal ini dikarenakan pemerintah kolonial Hindia Belanda khawatir jika sekolah-sekolah ini akan membahayakan kedudukan pemerintah. Adanya peraturan ini sangat merugikan Taman Siswa dan sekolah-sekolah lainnya.

Taman Siswa mulai menyiapkan strategi-strategi yang dapat menghapuskan peraturan tersebut. Ki Hajar Dewantara mengirimkan surat protes kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda karena peraturan tersebut dianggap melampaui batas. Tindakan Ki Hajar Dewantara ini mendapatkan berbagai dukungan dari partai politik dan surat kabar. Tindakan ini juga didukung oleh Budi Utomo yang memutuskan jika hingga akhir bulan Maret 1933 peraturan tersebut tidak dicabut, maka mereka akan menarik seluruh wakilnya yang ada di Volksraad. Perjuangan ini membawa hasil hingga pada tahun 1935 peraturan mengenai sekolah liar berhasil dihapuskan.

Jadi, kesulitan yang dihadapi Taman Siswa pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda adalah pemberlakuan Peraturan Sekolah Liar pada 1932 yang berhasil diatasi dengan berbagai perjuangan Ki Hajar Dewantara seperti mengirim surat protes kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda, dukungan dari berbagai partai politik dan surat kabar, hingga membawa masalah tersebut ke Volksraad. Perjuangan ini membawa hasil yang baik dengan dihapuskannya Peraturan Sekolah Liar pada tahun 1935. space spacespace

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved