Roboguru

Jelaskan keberadaan nitrogen di alam!

Pertanyaan

Jelaskan keberadaan nitrogen di alam!space 

Pembahasan Soal:

Nitrogen (N) merupakan unsur golongan VA. Nitrogen dapat ditemukan dalam keadaan bebas di alam sebagai gas nitrogen (N2). Nitrogen di udara terdapat kurang lebih 80% dari volume udara. Nitrogen juga dapat ditemukan sebagai senyawa. Senyawaan nitrogen di alam, antara lain seperti berikut.space 

  1. Zat telur (protein), amonia, dan berbagai senyawa organik.
  2. Tumbuh-tumbuhan, hanya tumbuh-tumbuhan dari keluarga leguminosa yang mengambil nitrogen dari udara.space 

Maka, keberadaan nitrogen di alam dapat berupa unsur bebas berupas gas N2 dan ditemukan pula dalam bentuk senyawaan misalnya pada protein, amonia, tumbuhan, dan berbagai senyawa organik lainnya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Khikmatun

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusunberurutan. Nitrogen dan oksigen didapatkan dari udara dengan cara distilasi udaracair. SEBAB Oksigen akan menguap t...

Pembahasan Soal:

Pada skala industri, gas nitrogen diambil dari udara melalui distilasi (penyulingan) udara cair. Mula-mula, udara dibersihkan dari debu dan partikel padat lainnya. Udara yang sudah bebas debu dialirkan melalui K O H atau Na O H untuk dihilangkan gas C O subscript 2 dan uap air di dalamnya. Selain itu, untuk mengikat uap air, udara juga dapat dialirkan melalui kristal Ca Cl subscript 2. Udara kering yang bebas dari gas C O subscript 2 dimampatkan dalam ruangan menggunakan kompresor dengan tekanan 200 space atm point Sambil didinginkan, udara dilepas dalam ruang yang bertekanan 20 space atm sehingga udara akan mencair. (Pernyataanspacebenar)

Udara cair kemudian dinaikkan suhunya secara bertahap sehingga akan menguap. Gas  nitrogen open parentheses N subscript 2 close parentheses akan menguap pada suhu sekitar negative sign 196 degree C comma kemudian dikompresi untuk dicairkan kembali menjadi nitrogen cair dan disimpan pada tabung Dewar. Pada suhu sekitar negative sign 183 degree C comma oksigen akan menguap. Uap tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kompresor pendingin untuk dicairkan kembali dan disimpan sebagai oksigen cair. (Alasanspacesalah)

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceC.

0

Roboguru

Sebutkan kegunaan senyawa-senyawa berikut! b.

Pembahasan Soal:

Senyawa dengan rumus molekul begin mathsize 14px style open parentheses N H subscript 4 close parentheses subscript 2 S O subscript 4 end style adalah senyawa amonium sulfat yang termasuk dalam senyawa anorganik. Senyawa ini mempunyai beberapa kegunaan diantaranya yaitu:

  • Sebagai pupuk untuk tanah basa yang merupakan kegunaan utama dari senyawa ini. Pada tanah, ion amonium dari senyawa ini akan dilepaskan sehingga membentuk sejumlah asam yang dapat menyeimbangkan pH tanah. Selain itu, atom Nitrogen (N) dan Belerang (S) sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.
  • Sebagai bahan pemadam api. Amonium sulfat dengan ditambahkan amonium sulfamat dapat menurunkan suhu pembakaran bahan, sehingga laju kehilangan berat maksimum yang pada akhirnya menyebabkan produksi residu atau arang meningkat.
  • Sebagai bahan aditif pada makanan yaitu untuk mengatur keasaman dalam tepung dan roti. space 

0

Roboguru

Jelaskan sifat fisis dan kimia amonia.

Pembahasan Soal:

Amonia merupakan salah satu senyawa yang dibentuk oleh unsur nitrogen yang memiliki sifat-sifat tertentu. Berikut sifat fisis dan sifat kimia amonia.

1. Sifat fisis amonia.

  • Pada suhu kamar merupakan gas tidak berwarna; titik didihnya negative sign 33 comma 4 space degree C; titik bekunya negative sign 77 comma 8 space degree C; dan membentuk kristal putih.
  • Berbau khas menyengat dan beracun, serta dapat menimbulkan iritasi pada mata (mata perih). Paparan gas amonia pada waktu yang lama dapat menimbulkan mual dan dapat merusak paru-paru hingga menimbulkan kematian.
  • Gas amonia mudah larut dalam air (1.300 liter gas amonia dapat larut dalam satu liter air). Larutan gas amonia membentuk larutan basa amonium hidroksida (N H subscript 4 O H).

2. Sifat kimia amonia.

  • Mempunyai rumus molekul N H subscript 3, bentuk molekulnya piramida segitiga (trigonal piramida), hibridisasi italic s italic p to the power of italic 3, dan dapat membentuk ikatan hidrogen antarmolekul amonia.
  • Cukup stabil, tetapi dapat terurai menjadi gas nitrogen dan hidrogen jika dipanaskan dengan katalis.

2 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields with katalis on top N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 3 H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 

  • Mudah terbakar di udara.

4 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses and 3 O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 2 N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 6 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses

  • Larut dalam air membentuk basa lemah.

N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses equilibrium N H subscript 4 to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus O H to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis 

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa:

  • Sifat fisis amonia berkaitan dengan kelarutan, titik beku, titik didih dan bau.
  • Sifat kimia amonia berkaitan dengan kemampuan bereaksi dengan senyawa lain.

Jadi, sifat fisis amonia berkaitan dengan kelarutan, titik didih, titik beku, dan bau, dan sifat kimia berkaitan dengan kereaktifan (bereaksi dengan senyawa lain).space

0

Roboguru

Jelaskan sifat fisika dari unsur karbon dan nitrogen!

Pembahasan Soal:

Sifat fisika adalah segala aspek dari suatu objek atau zat yang dapat diukur atau dipersepsikan tanpa mengubah zat tersebut. 

Karbon (C) termasuk unsur golongan IVA. Unsur karbon memiliki  titik didih dan titik leleh yang tinggi sehingga berwujud padat pada suhu kamar. Karbon memiliki densitas yang cukup tinggi. 

Nitrogen (N) merupakan unsur golongan VA. Nitrogen memiliki lima elektron valensi sehingga bilangan oksidasi terbesar adalah +5. Nitrogen memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah sehingga pada suhu kamar nitrogen berwujud gas. Nitrogen juga memiliki keelektronegatifan yang besar.

Maka, sifat fisika dari unsur karbon antara lain berwujud padat, memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi, dan densitas yang tinggi. Sementara sifat fisika nitrogen antara lain berwujud gas, memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah, serta memiliki keelektronegatifan yang besar.space 

0

Roboguru

Jelaskan bagaimana proses untuk mendapatkan nitrogen murni dari udara.

Pembahasan Soal:

Pembuatan gas nitrogen dilakukan dengan dua tahap yaitu pencairan udara dan distilasi udara cair. Udara yang mngandung 21% oksigen (O2) dan 78% nitrogen (N2) didinginkan dengan tekanan tinggi sehingga udara mencair. Pemisahan selanjutnya dilakukan dengan distilasi bertingkat, yaitu dengan menurunkan tekanan dan menaikkan suhu secara perlahan. Oksigen akan menguap terlebih dahulu pada suhu 183C, kemudian disusul oleh nitrogen pada suhu 195,8C.

Jadi, pembuatan gas nitrogen dilakukan melalui proses pencairan udara dn distilasi bertingkat udara cair.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved