Roboguru

Sebutkan kegunaan senyawa-senyawa berikut! b. (NH4​)2​SO4​

Pertanyaan

Sebutkan kegunaan senyawa-senyawa berikut!
b.  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Senyawa dengan rumus molekul begin mathsize 14px style open parentheses N H subscript 4 close parentheses subscript 2 S O subscript 4 end style adalah senyawa amonium sulfat yang termasuk dalam senyawa anorganik. Senyawa ini mempunyai beberapa kegunaan diantaranya yaitu:

  • Sebagai pupuk untuk tanah basa yang merupakan kegunaan utama dari senyawa ini. Pada tanah, ion amonium dari senyawa ini akan dilepaskan sehingga membentuk sejumlah asam yang dapat menyeimbangkan pH tanah. Selain itu, atom Nitrogen (N) dan Belerang (S) sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.
  • Sebagai bahan pemadam api. Amonium sulfat dengan ditambahkan amonium sulfamat dapat menurunkan suhu pembakaran bahan, sehingga laju kehilangan berat maksimum yang pada akhirnya menyebabkan produksi residu atau arang meningkat.
  • Sebagai bahan aditif pada makanan yaitu untuk mengatur keasaman dalam tepung dan roti. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Rochmawatie

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nitrogen dioksida yang dihasilkan pada waktu hujan lebat, larut dalam air hujan membentuk asam nitrat dan asam nitrit yang sangat encer. Persamaan reaksi yang lengkap dari proses tersebut adalah..

Pembahasan Soal:

Nitrogen dioksida (NO2)
Asam nitrat (HNO3)
Asam nitrit (HNO2)
 
Sehingga reaksi :

2 NO2 (g) + H2O (l) rightwards arrow HNO3 (aq) + HNO2 (aq)

0

Roboguru

Tuliskan sifat fisis dan sifat kimia gas nitrogen.

Pembahasan Soal:

Nitrogen dengan lambang unsur N, merupakan unsur dari golongan VA (Golongan nitrogen). Sifat-sifat fisisnya antara lain:

  • Nitrogen merupakan gas yang tidak berbau dan tidak berwarna.
  • Titik leleh nitrogen sebesar 210C, sedangkan titik didihnya sebesar 195C.
  • Massa jenis gas nitrogen (N2) adalah 0,001145 g/mL.
  • Merupakan unsur non logam, memiliki densitas terendah di antara unsur segolongannya, memiliki jari-jari terpendek di antara unsur segolongannya.

Adapun sifat kimia gas nitrogen antara lain:

  • merupakan unsur yang stabil dalam bentuk dimernya (N2) sehingga sulit bereaksi dengan unsur yang lain.
  • Gas nitrogen dapat membentuk senyawa bersifat asam,
  • memiliki energi ionisasi terbesar di antara unsur segolongannya dan memiliki keelektronegatifan terbesar di antara unsur segolongannya.
  • Pada suhu rendah, nitrogen sukar bereaksi dengan unsur lain, hanya logam litium yang dapat bereaksi dengan nitrogen. 
  • Pada suhu tinggi, dapat bereaksi dengan beberapa logam alkali dan alkali tanah. 

Jadi, sifat fisis dan sifat kimia gas nitrogen seperti uraian di atas.

0

Roboguru

Reaksi-reaksi berikut ini yang dapat menghasilkan gas nitrogen adalah ....  (1) tembaga(II) oksida dengan gas amonia (2) natrium nitrit dengan amonium klorida (3) pemanasan garam amonium dikromat ...

Pembahasan Soal:

Gas nitrogen murni dapat diperoleh dalam jumlah sedikit dan dilakukan reaksi di laboratorium. Beberapa reaksi yang menghasilkan nitrogen, antara lain sebagai berikut.

1) Reaksi antara tembaga (II) oksida dengan amonia.

3 Cu O open parentheses italic s close parentheses and 2 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields 3 Cu open parentheses italic s close parentheses and 3 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses  

2) Reaksi natrium nitrit dengan amonium klorida.

Na N O subscript 2 open parentheses italic s close parentheses and N H subscript 4 Cl open parentheses italic s close parentheses yields Na Cl open parentheses italic s close parentheses and 2 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses  

3) Pemanasan amonium dikromat.

open parentheses N H subscript 4 close parentheses subscript 2 Cr subscript 2 O subscript 7 open parentheses italic s close parentheses yields with panas on top Cr subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic s close parentheses and 4 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 

4) Pemanasan amonium nitrat.

2 N H subscript 4 N O subscript 3 open parentheses italic s close parentheses yields with panas on top 4 H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 2 N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses  

Dengan demikian, reaksi-reaksi yang dapat menghasilkan gas nitrogen adalah :

(1) tembaga(II) oksida dengan gas amonia

(2) natrium nitrit dengan amonium klorida

(3) pemanasan garam amonium dikromat

(4) pemanasan amonium nitrat

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Berdasarkan siklus nitrogen, apa saja yang berperan dalam perpindahan gas nitrogen di udara ke dalam tanah atau perairan serta sebaliknya?

Pembahasan Soal:

Daur nitrogen secara umum memiliki beberapa tahap yaitu:

  1. Fiksasi nitrogen adalah proses perubahan nitrogen dari atmosfer menjadi amonia. Bakteri yang berperan dalam proses ini adalah bakteri pada akar tanaman polongan melalui fiksasi biologis. Bakteri tersebut, antara lain seperti rhizobium dan penggunaan enzim nitrogenase cyanobacteria dilibatkan untuk mengubah gas nitrogen menjadi amonia.
  2. Tahapan amonifikasi yaitu dimana sisa-sia tanaman serta limbah terurai oleh organisme kemudian menghasilkan amonia disebut amonifikasi. Mikroorganisme dalam tanah akan mengurai bahan organik yang mati untuk dijadikan energi dan menghasilkan amonia serta senyawa dasar lain sebagai produk sampingan.
  3. Nitrifikasi adalah proses oksidasi biologis amonia dengan oksigen menjadi amonium kemudian nitrit dan diikuti oleh proses oksidasi nitrit menjadi nitrat. Degradasi amonia yang menjadi nitrit dikenal dengan nitrifikasi. Prosesnya dilakukan oleh bakteri genera Nitrosomonas serta Nitrosococcus.
  4. Denitrifikasi ialah proses reduksi nitrat yang berubah menjadi gas nitrogen inert dalam siklus nitrogen. Denitrifikasi dilakukan oleh bakteri seperti Pseudomonas dan Clostridium pada kondisi anaerobik.

Jadi organisme yang berperan adalah bakteri pada akar tanaman polongan seperti rhizobium, mikroorganisme dalam tanah pengurai bahan organik, bakteri genera Nitrosomonas serta Nitrosococcus dan bakteri seperti Pseudomonas dan Clostridium pada kondisi anaerobik.

0

Roboguru

Bagaimana keberadaan nitrogen di alam?​

Pembahasan Soal:

Nitrogen terdapat dalam keadaan bebas di udara dengan kadar 78% yaitu komponen udara terbanyak. Selain itu, nitrogen juga terdapat dalam bentuk senyawa nitrat, misalnya dalam sendawa dan sendawa Chili. Di udara juga terdapat gas oksida nitrogen (NO) sebagai hasil reaksi antara nitrogen dan oksigen pada suhu tinggi.

Oleh karena itu, nitrogen merupakan komponen utama udara yang dalam keadaan bebas serta terdapat dalam bentuk senyawa nitrat serta sebagai gas NO di udara,

Jadi, nitrogen terdapat bebas di udara dan dalam bentuk senyawanya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved