Roboguru

Jelaskan karakteristik masyarakat majemuk menurut Pierre L. Van den Berghe!

Pertanyaan

Jelaskan karakteristik masyarakat majemuk menurut Pierre L. Van den Berghe! 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah karakteristik masyarakat majemuk menurut Pierre L. Van den Berghe.

Masyarakat majemuk adalah masyarakat yang terdiri atas kelompok-kelompok, yang tinggal bersama dalam suatu wilayah, tetapi terpisah menurut garis budaya masing-masing.

Pierre L. Van den Berghe mengklasifikasikan beberapa karakteristik masyarakat majemuk, sebagai berikut: 

  1. Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki subkebudayaan yang berbeda.
  2. Memiliki struktur sosial yang terbagi ke dalam lembaga yang bersifat nonkomplementer.
  3. Kurang mengembangkan konsensus atau kesepakatan bersama di antara para anggotanya terhadap nilai yang bersifat dasar.
  4. Sering mengalami konflik.
  5. Pada umumnya integrasi sosial tumbuh di atas paksaan (coercion) dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi.
  6. adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebagai lembaga pendidikan, pluralitas di sekolah bukan hanya sebuah konsep tentang keberagaman di masyarakat yang dilihat dari ciri fisik atau kebendaan saja yang berbeda. Tetapi pluralitas juga berk...

Pembahasan Soal:

Pluralitas bukan hanya sebuah konsep tentang keberagaman di masyarakat yang dilihat dari ciri fisik atau kebendaan saja seperti rumah adat dan tarian yang berbeda. Tetapi pluralitas juga berkaitan dengan pola pikir di masyarakat yang sangat beragam dan berbeda-beda. Pluralitas berkaitan juga dengan hal-hal yang tidak terlihat seperti ide, pemikiran, dan pendapat. Perbedaan pendapat ini akan sangat mudah terjadi di masyarakat. Salah satunya pada lembaga pendidikan, sebagai salah satu lembaga yang mewadahi berlangsungnya proses pendidikan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Terdapat ciri-ciri yang berkaitan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang beragam budaya, yaitu....

Pembahasan Soal:

Masyarakat plural adalah masyarakat yang tinggal bersama meski memiliki ciri sosial berbeda-beda. Salah satu ciri masyarakat majemuk adalah relatif sering terjadi konflik. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak perbedaan yang mudah menyulut konflik, seperti perbedaan budaya, perbedaan kepentingan, dan lain-lain.
Selain itu, ciri-ciri lain pada masyarakat majemuk adalah terjadinya segmentasi dalam kelompok  dandominasi dari kelompok yang kuat kepada kelompok lemah. Kemudian, pada masyarakat majemuk juga sulitdalam membangunkonsensus atau kesepakatan karena perbedaan kebudayaan. Pada masyarakat majemuk, integrasi atau penyatuan masyarakat juga dilakukan melalui paksaan.

 

0

Roboguru

Pemerintahan yang dibentuk dengan koalisi etnik dianggap tepat jika diterapkan dalam negara yang bersifat multikultural. Bentuk konfigurasi pemerintahan yang dimaksud adalah ….

Pembahasan Soal:

Masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang, terdiri atas sejumlah komunitas/kelompok dan mempunyai kekuatan kompetitif yang seimbang.

 

Bentuk konfigurasi dan komunitas lain menurut J.S. Furnivall adalah sebagai berikut.

  • Masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan, terdiri atas sejumlah komunitas/kelompok etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang (komunitas/kelompok mayoritas lebih unggul atau mendominasi komunitas/kelompok lain dilihat pada aspek tertentu).
  • Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan, mempunyai arti bahwa kelompok minoritas memiliki keunggulan kompetitif (dominan) pada aspek tertentu.

Masyarakat majemuk dengan fragmentasi, terdiri atas kelompok etnik kecil sehingga tidak memiliki posisi dominan dalam kehidupan politik dan ekonomi.

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut! Suatu hari, Bu Neneng pergi ke pasar untuk berbelanja. Sesampainya di pasar, ia mulai mencari buah yang ia inginkan yaitu ‘Gedang’. Gedang dalam bahasa sunda memiliki ar...

Pembahasan Soal:

Pertikaian yang terjadi antara Bu Neneng dan si penjual buah pada ilustrasi merupakan contoh dari konflik yang ada di masyarakat plural. Konflik tersebut terjadi akibat pemaknaan bahasa yang berbeda dari kata ‘gedang’. Bagi Bu Neneng yang berasal dari suku sunda, kata gedang berarti buah pepaya. Sedangkan si penjual buah yang berasal dari suku jawa, mengartikan gedang sebagai pisang. Oleh karena perbedaan bahasa antar suku tersebut, akhirnya terjadi pertikaian atau konflik antara Bu Neneng dan si penjual buah. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kemajemukan masyarakat Indonesia antara lain ditandai dengan perbedaan jenis pekerjaan di sektor pertanian. Di pulau Jawa, masyarakat mengembangkan sistem pertanian sawah sedangkan di Sumatera dengan ...

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman atau kemajemukan mata pencaharian masyarakat seperti ilustrasi soal antara masyarakat Jawa yang mengembangkan sistem pertanaian sawah, sedangkan di Sumatera dengan sistem pertanian perkebunan dan ladang disebabkan oleh perbedaan kondisi struktur tanah. Hal ini berkaitan dengan topografi yaitu tinggi rendahnya permukaan bumi. Masyarakat Jawa memiliki bentuk struktur tanah yang datar sehingga cocok digunakan sistem sawah, sedangkan di masyarakat Sumatera memiliki struktur tanah yang tidak rata sehingga menggunakan sistem perkebunan dan ladang.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved