Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan hubungan antara konsep realitas sosial berikut! a. Masyarakat dan perubahan sosial b. Masyarakat dan kebudayaan c. Nilai

Jelaskan hubungan antara konsep realitas sosial berikut!
a. Masyarakat dan perubahan sosial
b. Masyarakat dan kebudayaan
c. Nilaispace space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dari penjelasan antar a konsep-konsep realitas sosial dapat di simpulkan bahwa dalam proses realitas sosial masyarakat mengalami proses-proses yang kemudian diolah dalam diri masyara kat sehingga dalam kehidupan sosial yang memunculkan realitas sebagai fenomena sosial yang dapat diterima oleh masyarakat, dan memunculkan konsep-konsep sebagai produk yang di hasilkan oleh masyarakat dari prubahan sosial, kebudayaan dan nilai itu sendiri.

dari penjelasan antara konsep-konsep realitas sosial dapat di simpulkan bahwa space space dalam proses realitas sosial masyarakat mengalami proses-proses  yang kemudian diolah dalam diri masyarakat sehingga dalam kehidupan sosial yang memunculkan realitas sebagai fenomena sosial yang dapat diterima oleh masyarakat, dan memunculkan konsep-konsep sebagai produk yang di hasilkan oleh masyarakat dari prubahan sosial, kebudayaan dan nilai itu sendiri. space space space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin yang ditanyakan adalah realitas sosial di lingkungan masyarakat. R ealitas sosialkenyataan atau fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Yang artinya pada realitas sosial sebagai objek kajian dalam ilmu sosiologi melihat se gala fenomena yang ada dalam kehidupan sosial . Dengan penerimaannya di tandai dengan adanya proses eksternalisasi bentuk memunculkan realitas yang ada, dilanjutkan dengan objektifasi s ebagai penerimaan realitas sosial pada kehidupan masyarakat yang di sepakati bersama sebagai salah satu realitas objektif masyarakat, dan yang terakhir pada tahap i nternalisasi sebagai penyerapan kembali realitas objektif dalam diri individu sehingga mempengaruhi realitas subjektif individu. Dalam realitas sosial masyarakat memiliki konsep-konsep yaitu masyarakat, organisasi sosial, dinamika sosial, dan perubahan sosial. Sehingga jika di kaitkan pada soal tentang keterkaitan masyarakat dengan realitas yang ada adalah sebagai berikut : a. Masyarakat dengan perubahan sosial. Masyarakat adalah kumpulan individu yang tinggal dalam wilayah yang sama dalam kurun waktu yang lama, saling berinteraksi sehingga menghasilkan suatu kebudayaan . Sedangkan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi nilai-nilai, norma, pola perilaku, pola pikir dari kelompok masyarakat. Berdasarkan pengertian tersebut maka masyarakat memiliki hubungan yang erat atau timbal balik terhadap perubahan sosial karena perubahan sosial dapat terjadi atas dasar kehendak dan interaksi yang terjalin ditengah masyarakat, sedangkan perubahan sosial dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. b. Masyarakat dengan kebudayaan. Kebudayaan adalah segala sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar. Masyarakatdan kebudayaan juga memiliki hubungan yang erat, hal ini dapat terjadi karena kebudayaan merupakan bagian dari karya masyarakat yang diciptakan untuk kepentingan hidup masyarakat . Yang artinya dalam sebuah kebudayaan ada karena masyarakat itu sendiri melalui interaksi dan dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan kemudian berkembang menjadi sebuah kebudyaan. c. Nilai Nilai adalah segala sesuatu yang dianggap baik danburuk dalam masyarakat, sehingga nilai dipakai masyarakat menjadi tolak ukur dalam berperilaku atau bertindak. Dan nilai yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat bertdasarkan dengan kesepakatan bersama antar anggota masyarakat untuk menciptakan ketertiban di lingkungan sosial. Sehingga dari penjelasan antar a konsep-konsep realitas sosial dapat di simpulkan bahwa dalam proses realitas sosial masyarakat mengalami proses-proses yang kemudian diolah dalam diri masyara kat sehingga dalam kehidupan sosial yang memunculkan realitas sebagai fenomena sosial yang dapat diterima oleh masyarakat, dan memunculkan konsep-konsep sebagai produk yang di hasilkan oleh masyarakat dari prubahan sosial, kebudayaan dan nilai itu sendiri.

Poin yang ditanyakan adalah realitas sosial di lingkungan masyarakat. 

Realitas sosial kenyataan atau fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Yang artinya pada realitas sosial sebagai objek kajian dalam ilmu sosiologi melihat segala fenomena yang ada dalam kehidupan sosial. Dengan penerimaannya di tandai dengan adanya proses eksternalisasi bentuk memunculkan realitas yang ada, dilanjutkan dengan objektifasi sebagai penerimaan realitas sosial pada kehidupan masyarakat yang di sepakati bersama sebagai salah satu realitas objektif masyarakat, dan yang terakhir pada tahap internalisasi sebagai penyerapan kembali realitas objektif dalam diri individu sehingga mempengaruhi realitas subjektif individu. Dalam realitas sosial masyarakat memiliki konsep-konsep yaitu masyarakat, organisasi sosial, dinamika sosial, dan perubahan sosial. 

Sehingga jika di kaitkan pada soal tentang keterkaitan masyarakat dengan realitas yang ada adalah sebagai berikut : 

a. Masyarakat dengan perubahan sosial. 

Masyarakat adalah kumpulan individu yang tinggal dalam wilayah yang sama dalam kurun waktu yang lama, saling berinteraksi sehingga menghasilkan suatu kebudayaan. Sedangkan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi nilai-nilai, norma, pola perilaku, pola pikir dari kelompok masyarakat. Berdasarkan pengertian tersebut maka masyarakat memiliki hubungan yang erat atau timbal balik terhadap perubahan sosial karena perubahan sosial dapat terjadi atas dasar kehendak dan interaksi yang terjalin ditengah masyarakat, sedangkan perubahan sosial dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. 

b. Masyarakat dengan kebudayaan. 

Kebudayaan adalah segala sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar. Masyarakat dan kebudayaan juga memiliki hubungan yang erat, hal ini dapat terjadi karena kebudayaan merupakan bagian dari karya masyarakat yang diciptakan untuk kepentingan hidup masyarakat. Yang artinya dalam sebuah kebudayaan ada karena masyarakat itu sendiri melalui interaksi dan dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan kemudian berkembang menjadi sebuah kebudyaan. 

c. Nilai

Nilai adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan buruk dalam masyarakat, sehingga nilai dipakai masyarakat menjadi tolak ukur dalam berperilaku atau bertindak. Dan nilai yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat bertdasarkan dengan kesepakatan bersama antar anggota masyarakat untuk menciptakan ketertiban di lingkungan sosial. 

Sehingga dari penjelasan antara konsep-konsep realitas sosial dapat di simpulkan bahwa space space dalam proses realitas sosial masyarakat mengalami proses-proses  yang kemudian diolah dalam diri masyarakat sehingga dalam kehidupan sosial yang memunculkan realitas sebagai fenomena sosial yang dapat diterima oleh masyarakat, dan memunculkan konsep-konsep sebagai produk yang di hasilkan oleh masyarakat dari prubahan sosial, kebudayaan dan nilai itu sendiri. space space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pentingnya mempelajari realitas sosial dalam kehidupan!

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia