Roboguru

Jelaskan gerak mobil pada gambar berikut.

Pertanyaan

Jelaskan gerak mobil pada gambar berikut.space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui :

Gambar gerak suatu mobil.

Ditanya :

Jelaskan gerak mobil pada gambar!

Jawab :

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Artinya, setiap selang waktu yang sama, benda menempuh jarak yang sama. Terlihat dari gambar, setiap satu sekon benda menempuh jarak 20 m. Kita dapat simpulkan kecepatan mobil tetap atau konstan sebesar 20 m/s.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah gerak kereta api yang meluncur pada rel termasuk ke dalam gerak lurus beraturan?

Pembahasan Soal:

Gerak didefinisikan sebagai proses berpindahnya benda dari posisi awalnya. Terdapat beberapa jenis gerak seperti geral lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda dengan kecepatan yang konstan. Gerak kereta api yang meluncur pada rel termasuk ke dalam gerak lurus beraturan sebab rel kereta api didesain licin yang berfungsi untuk mengurangi gaya gesekan antara kereta api dengan relnya sehingga kereta api dapat melaju dengan kecepatan yang konstan. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. Gerak balok pada bidang miring. Mobil yang melaju dengan kecepatan tetap. Gerakan benda yang dilempar vertikal ke atas. Gerak mobil mainan pada tempat y...

Pembahasan Soal:

Diketahui :

Terdapat pernyataan-pernyataan berikut.

  1. Gerak balok pada bidang miring.
  2. Mobil yang melaju dengan kecepatan tetap.
  3. Gerakan benda yang dilempar vertikal ke atas.
  4. Gerak mobil mainan pada tempat yang datar. 

Ditanyakan : Contoh gerak lurus berubah beraturan?

Jawab :

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Artinya, setiap selang waktu yang sama, benda mengalami perubahan kecepatan yang sama.

Terdapat beberapa penerapan GLBB dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pernyataan-pernyataan pada soal, didapatkan hasil analisa :

  1. Gerak balok pada bidang miring. [GLBB]
  2. Mobil yang melaju dengan kecepatan tetap. [GLB]
  3. Gerakan benda yang dilempar vertikal ke atas. [GLBB]
  4. Gerak mobil mainan pada tempat yang datar. [GLB]

Dengan demikian, contoh gerak lurus berubah beraturan ditunjukan oleh nomor (1) dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

1

Roboguru

Gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai, seperti

Pembahasan Soal:

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Artinya, setiap selang waktu yang sama, benda menempuh jarak yang sama.

Sekarang kita lihat peristiwa pada pilihan yang tersedia.

Pilihan A: anak-anak menuruni seluncuran (salah)

Saat menuruni seluncuran, kecepatan anak-anak tersebut akan berubah. Sehingga peristiwa ini bukan merupakan gerak lurus beraturan.

Pilihan B: buah kelapa jatuh dari pohonnya (salah)

Buah kelapa yang jatuh mengalami perubahan kecepatan. Awalnya buah kelapa tersebut diam di pohon kemudia jatuh sehingga memiliki kecepatan (kecepatan bertambah). Sehingga peristiwa ini bukan merupakan gerak lurus beraturan. 

Pilihan C: mobil melaju lurus pada jalan tol dengan spidometer menunjukkan angka yang tetap (benar)

Spidometer menunjukkan angka yang tetap artinya mobil tidak mengalami perubahan kecepatan (kecepatan tetap). Sehingga, peristiwa ini merupakan gerak lurus beraturan.

Pilihan D:  batu yang dilempar dengan arah mendatarspace(salah)

Batu yang dilempar mengalami perubahan kecepatan. Sehingga, peristiwa ini bukan merupakan gerak lurus beraturan.

Dengan demikian, gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai, seperti  mobil melaju lurus pada jalan tol dengan spidometer menunjukkan angka yang tetap.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space  

1

Roboguru

Sebuah kelereng dilemparkan hingga meluncur lurus pada suatu lintasan udara. Jika semua gesekan boleh diabaikan, kelereng akan melanjutkan gerak dengan . . . .

Pembahasan Soal:

Ketika suatu benda bergerak lurus dan semua gesekan diabaikan, benda dianggap mengikuti prisip Hukum I Newton. Bunyi dari hukum I Newton adalah "Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap selama tidak ada gaya eksternal yang mengenainya".

Pada soal disebutkan bahwa semua gesekan diabaikan, sehingga tidak ada gaya eksternal yang mengganggu yang meyebabkan benda terhambat. Jadi kecepatan benda akan selalu tetap.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Dua kereta api berjalan pada dua rel yang sejajar dengan arah saling berlawanan. Kereta api pertama bergerak dari Kota A dengan kelajuan tetap 72 km/jam. Pada saat yang bersamaan, kereta kedua bergera...

Pembahasan Soal:

Diketahui :

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell v subscript A end cell equals cell 72 space km divided by jam end cell row cell v subscript B end cell equals cell 108 space km divided by jam end cell row s equals cell 216 space km end cell end table 

Ditanya :

Jarak berapakah dari Kota A kedua kereta api tersebut akan berpapasan?

Jawab:

Kedua kereta memiliki kelajuan tetap maka keduanya bergerak lurus beraturan.

Langkah pertama, menghitung waktu berpapasan. Kedua kereta saling mendekat, maka syarat berpapasan adalah jarak yang ditempuh kedua kereta sama dengan jarak mula-mula kedua kereta.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row 216 equals cell v subscript A t subscript p a p a s a n end subscript plus v subscript B t subscript p a p a s a n end subscript end cell row 216 equals cell open parentheses 72 close parentheses t subscript p a p a s a n end subscript plus open parentheses 108 close parentheses t subscript p a p a s a n end subscript end cell row 216 equals cell open parentheses 180 close parentheses t subscript p a p a s a n end subscript end cell row cell t subscript p a p a s a n end subscript end cell equals cell 216 over 180 end cell row cell t subscript p a p a s a n end subscript end cell equals cell 1 comma 2 space jam end cell end table 

Langkah kedua, menghitung jarak yang ditempuh oleh kereta A.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell s subscript A end cell equals cell v subscript A t subscript p a p a s a n end subscript end cell row blank equals cell open parentheses 72 close parentheses open parentheses 1 comma 2 close parentheses end cell row blank equals cell 86 comma 4 space km end cell end table 

Dengan demikian, jarak kedua kereta berpapasan adalah 86,4 km dari kota A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved