Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan gangguan dan kelainan pada sistem pernapasan?

Jelaskan gangguan dan kelainan pada sistem pernapasan? 

Iklan

Y. Hartiningrum

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gangguan dan kelainan pada sistem pernapasan manusia diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus ataupun non infeksi. Adapun gangguan dan kelainan yang dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia diantaranya, Emfisema merupakan penyakit yang disebabkan karena alveolus kehilangan elastisitasnya. Kantong udara pada paru-parumu juga akan mengalami kehancuran secara perlahan, sehingga membuat napas menjadi pendek-pendek. TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis . Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu. Asma adalah penyakit yang terjadi karena penyempitan saluran pernapasan. Penyebab penyempitan saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh alergi terhadap debu, pasir, bulu, serangga kecil ataupun rambut. Pneumonia ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumonia Asfiksi, yang merupakan gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Asfiksi disebabkan karena hemoglobin darah mengikat komponen selain oksigen seperti karbon monoksida.

Gangguan dan kelainan pada sistem pernapasan manusia diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus ataupun non infeksi. Adapun gangguan dan kelainan yang dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia diantaranya,

  • Emfisema merupakan penyakit yang disebabkan karena alveolus kehilangan elastisitasnya. Kantong udara pada paru-parumu juga akan mengalami kehancuran secara perlahan, sehingga membuat napas menjadi pendek-pendek.
  • TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu.
  • Asma adalah penyakit yang terjadi karena penyempitan saluran pernapasan. Penyebab penyempitan saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh alergi terhadap debu, pasir, bulu, serangga kecil ataupun rambut.
  • Pneumonia ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumonia
  • Asfiksi, yang merupakan gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Asfiksi disebabkan karena hemoglobin darah mengikat komponen selain oksigen seperti karbon monoksida.undefined 

Latihan Bab

Organ-Organ Pernapasan

Mekanisme Pernapasan

Gangguan pada Sistem Pernapasan dan Upaya Pencegahannya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

105

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penyakit asma dapat terjadi karena ....

21

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia