Roboguru

Jelaskan format penulisan dan gaya bahasa surat!

Pertanyaan

Jelaskan format penulisan dan gaya bahasa surat!space 

Pembahasan Soal:

Surat adalah alat komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang di kehendakinya, yang berisi tulisan, pernyataan , suatu kabar, harapan, dan tanggapan yang sesuai dengan keinginan dari penulis surat tersebut . Surat terbagi menjadi surat dinas dan surat pribadi.

Format Penulisan Surat Dinas

  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Tanggal surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Paragraf pembuka
  • Inti surat
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Nama dan tanda tangan
  • Cap/Stempel

Format Penulisan Surat Pribadi

  • Alamat dan tanggal surat
  • Salam pembuka
  • Kalimat pembuka paragraf
  • Isi surat
  • Penutup surat
  • Salam penutup
  • Nama dan tanda tangan

Gaya bahasa yang digunakan pada surat resmi atau surat dinas menggunakan bahasa yang cenderung kaku baku. Sementara itu, surat pribadi menggunakangaya bahasa yang lebih santai dan tidak baku, namun tetap sopan.

Dengan demikian, format penulisan surat dinas terdiri, Kop surat; Nomor surat; Tanggal surat; Lampiran; Perihal; Alamat surat; Salam pembuka; Paragraf pembuka; Inti surat; Paragraf penutup; Salam penutup; Nama dan tanda tangan; Cap/Stempel. Format penulisan surat pribadi terdiri, Alamat dan tanggal surat; Salam pembuka; Kalimat pembuka paragraf; Isi surat; Penutup surat; Salam penutup; Nama dan tanda tangan. Gaya bahasa yang digunakan pada surat resmi atau surat dinas menggunakan bahasa yang cenderung kaku baku. Sementara itu, surat pribadi menggunakangaya bahasa yang lebih santai dan tidak baku, namun tetap sopan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa persamaan surat dinas dan surat pribadi?

Pembahasan Soal:

Surat pribadi merupakan jenis surat tidak resmi yang digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi. Surat pribadi ditulis untuk mengungkapkan masalah atau perasaan pribadi. Surat pribadi ditulis oleh seseorang untuk orang lain. Ciri kebahasaan surat pribadi adalah, santai, mudah dipahami, dan komunikatif.

Surat dinas atau surat resmi adalah surat yang dikirim suatu instansi atau lembaga kepada perseorangan atau ke instansi lain yang berisi hal-hal kedinasan. Gaya bahasa dari surat resmi lebih singkat, jelas, dan berpola tetap.

Persamaan antara surat pribadi dengan surat dinas adalah sama-sama merupakan alat komunikasi antara pengirim dan penerima surat. Berdasarkan strukturnya, baik surat pribadi maupun surat dinas sama-sama memiliki tanggal dan alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan identitas pengirim surat.

Dengan demikian, persamaan antara surat pribadi dengan surat dinas adalah sama-sama merupakan alat komunikasi antara pengirim dan penerima surat.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan perbedaan surat pribadi dan surat dinas!

Pembahasan Soal:

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk berkomuniasi secara pribadi, bersifat tidak resmi, dan berisi tentang masalah pribadi. Surat pribadi ditulis oleh seorang individu atau perseorangan untuk orang lain atau instansi lain. Unsur-unsur surat pribadi yaitu tempat dan tanggal penulisan surat, tujuan surat, salam pembuka, paragraf pembuka, isi surat, paragraf penutup, salam penutup, identitas pengirim surat.

Surat dinas adalah surat yang dikirim oleh suatu instansi atau lembaga kepada perseorangan atau ke instansi lain yang berisi hal-hal kedinasan. Unsur-unsur surat dinas yaitu kepala surat atau kop surat, nomor surat, tanggal surat, lampiran surat, perihal surat, alamat surat, salam pembuka, paragraf pembuka, isi surat, paragraf penutup, salam penutup, identitas pengirim.

Perbedaan surat pribadi dan surat dinas yaitu:

  • Surat pribadi bersifat tidak resmi sedangkan surat dinas bersifat resmi
  • Dalam surat dinas terdapat kop surat, lampiran, dan perihal, sedangkan dalam surat pribadi tidak ada.
  • Isi surat dinas berkaitan dengan hal-hal kedinasan, sedangkan isi surat pribadi berkaitan dengan masalah pribadi.

Dengan demikian, perbedaan surat pribadi dan surat dinas yaitu dari sifat surat, unsur-unsur surat, dan isi surat.space 

1

Roboguru

Carilah contoh surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber!

Pembahasan Soal:

Surat pribadi adalah jenis surat yang digunakan hanya untuk kepentingan pribadi. Lantaran bersifat personal, surat pribadi dalam penulisannya menggunakan bahasa yang cenderung bebas. Surat pribadi bertujuan untuk memberi kabar atau informasi yang bersifat pribadi. 

Contoh surat pribadi: 

Jakarta, 23 April  2021

Untuk Ibu dan Bapak

Di Bandar Lampung

 

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Selamat berpuasa ibu dan bapak yang sangat aku rindukan. Maaf kalo aku belum bisa pulang  tahun ini ke rumah ibu dan bapak karena masa pandemi yang tak kunjung mereda. Sama halnya dengan kalian aku pun rindu untuk berkumpul bersama dengan bapak dan ibu. 

Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir tentang kesehatanku, karena aku saat ini bekerja dari rumah dan melakukan protokol kesehatan dengan baik, aku juga rajin minum vitamin dan olahraga di rumah, untuk memperkuat sistem imunku, namun meskipun demikian tidak menutup kemungkinan jika aku pulang ke rumah bapak dan ibu, aku malah membawa virus itu dari perjalanan, sehingga kita sama-sama harus menahan kerinduan ini demi kebaikan bersama. Tetap patuhi protokol kesehatan ya pak, bu, dan juga tetap di rumah, insya allah kita bisa segera berkumpul bersama lagi jika rantai virus sudah diputuskan. 

Semoga bapak ibu sehat terus dan terhindar dari segala penyakit dan virus ya, dan semoga masa pandemi ini cepat berlalu agar kita bisa bertemu tatap muka langsung.

Salam kangen,

Nurul


Surat dinas merupakan surat yang dibuat oleh suatu instansi resmi atau dinas yang dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan tertentu. Biasanya, surat dinas ini diciptakan oleh suatu lembaga atau instansi baik pihak swasta maupun negeri seperti perusahaan, sekolah, kantor pemerintahan atau yang lainnya.Isinya pun sangat beragam, mulai dari hal yang berkaitan dengan pengumuman, izin, surat tugas, hingga undangan acara tertentu.


Contoh surat Dinas:

OSIS SMA N 2 BANJARNEGARA
Jl. Solo Tawangmangu, Karanganyar
Tlp. (0271) 864676005
________________________________________________________

Karanganyar, 20 Juni 2020

No Surat : XI/TI/110
Perihal : Pengumuman
LAMPIRAN : –

Kepada
Yth. Bapak / Ibu Orang tua / Wali murid

Assalamualaikum wr.wb

Sehubungan dengan aktivitas seserahan alih jabatan anggota OSIS dari periode 2020 – 2021. Kami selaku penanggung jawab dari anggota OSIS di dalam acara yang akan digelar pada:

hari, Tanggal : Senin, 25 Juni 2020
tempat : Auditorium SMA N 2 Banjarnegara
waktu : 1 hari

Melihat betapa penting acara ini, kami harapkan kehadiran dari Bapak/Ibu selaku orang tua/wali murid bisa memberikan izin guna mengikuti kegiatan seserahan kali dengan tepat waktu.

Demikian surat ini kami buat, mohon maaf apabila terdapat kata – kata yang salah. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kamu mengucapkan terima kasih.

Penanggung jawab
Ketua Osis

Tiyas Safiraspace 

0

Roboguru

Tuliskan kesalahan penulisan dalam surat di atas untuk bagian yang ditandai nomor (6) dan perbaikilah berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) pada kolom berikut ini!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan.

Kesalahan penulisan dalam surat di atas untuk bagian yang ditandai nomor (6) dan perbaikannya adalah sebagai berikut:undefined
 

0

Roboguru

Tuliskan kesalahan penulisan dalam surat di atas untuk bagian yang ditandai nomor (4) dan perbaikilah berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) pada kolom berikut ini!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan tanda tanya dipakai pada akhir kalimat tanya.

Kesalahan penulisan dalam surat di atas untuk bagian yang ditandai nomor (4) dan perbaikannya adalah sebagai berikut:
 

undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved