Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dua jenis pajak yaitu contingenten dan verplichte leverantie yang diberlakukan VOC terhadap rakyat!

Jelaskan dua jenis pajak yaitu contingenten dan verplichte leverantie yang diberlakukan VOC terhadap rakyat!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

c ontingenten adalah pajakwajibberupa hasil bumiyanglangsung dibayarkan kepadaVOC. Sementara itu, verplichteleverentie adalah penyerahanwajibhasil bumi dengan hargayangtelah ditentukan VOC.

contingenten adalah pajak wajib berupa hasil bumi yang langsung dibayarkan kepada VOC. Sementara itu, verplichte leverentie adalah penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan VOC.

Iklan

Pembahasan

Pada masa VOC, rakyat dibebankan sejumlah pajak yang menguntungkan bagi VOC, yaitu contingenten dan verplichte leverantie. Contingenten adalah pajakwajibberupa hasil bumiyanglangsung dibayarkan kepadaVOC. Cara kerjanya adalah rakyat diminta untuk menyerahkanebagiandari hasil bumi wajibnyasebagaipajak.Pajak ini diberlakukan di daerah jajahan langsung VOC. Sementara itu, verplichteleverentie adalah penyerahanwajibhasil bumi dengan hargayangtelah ditentukan VOC. Cara kerjanya adalah rakyat diminta untuk menjual sebagian hasil buminya dengan harga yang ditentukan oleh VOC.Penyerahan ini diberlakukan di wilayah yang tidak secara langsung dikuasai VOC. Keduanya dipungut oleh elit-elit pribumi yang bekerja pada VOC. Dengan demikian, c ontingenten adalah pajakwajibberupa hasil bumiyanglangsung dibayarkan kepadaVOC. Sementara itu, verplichteleverentie adalah penyerahanwajibhasil bumi dengan hargayangtelah ditentukan VOC.

Pada masa VOC, rakyat dibebankan sejumlah pajak yang menguntungkan bagi VOC, yaitu contingenten dan verplichte leverantie. Contingenten adalah pajak wajib berupa hasil bumi yang langsung dibayarkan kepada VOC. Cara kerjanya adalah rakyat diminta untuk menyerahkan ebagian dari hasil bumi wajibnya sebagai pajak. Pajak ini diberlakukan di daerah jajahan langsung VOC. Sementara itu, verplichte leverentie adalah penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan VOC. Cara kerjanya adalah rakyat diminta untuk menjual sebagian hasil buminya dengan harga yang ditentukan oleh VOC. Penyerahan ini diberlakukan di wilayah yang tidak secara langsung dikuasai VOC. Keduanya dipungut oleh elit-elit pribumi yang bekerja pada VOC.

Dengan demikian, contingenten adalah pajak wajib berupa hasil bumi yang langsung dibayarkan kepada VOC. Sementara itu, verplichte leverentie adalah penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan VOC.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Fadly Mohammad hanifan

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Firza Heriansyah

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan informasi-informasi berikut. Menambah jumlah tanaman sehingga harga dapat meningkat. Menentukan luas areal penanaman dan jumlah tanaman rempah-rempah. Memberlakukan dua jenis pa...

47

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia