Roboguru

Jelaskan ciri yang menandai perkembangan sosiologi modern!

Pertanyaan

Jelaskan ciri yang menandai perkembangan sosiologi modern!space space  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Selama pertengahan tahun 1900-an, perkembangan sosiologi memasuki tahap modern. Ciri utama sosiologi modern adalah terjadinya spesialisasi terus menerus pada bidang ilmu sosiologi. Para sosiolog berpindah dari mempelajari kondisi-kondisi sosial secara menyeluruh menuju pengkajian kelompok-kelompok khusus atau tipe-tipe komunitas dalam suatu masyarakat, misalnya para pengelola bisnis, para pembuat rumah, geng-geng di jalanan, perubahan gaya hidup, kondisi sosial, perkembangan budaya, pergerakan pemuda, pergerakan kaum wanita, tingkah laku sosial, dan kelompok-kelompok sosial.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara singkat perkembangan sosiologi di Indonesia!

Pembahasan Soal:

1

Roboguru

Bapak Sosiologi Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Selo Soemardjan seorang sosiolog yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi Indonesia yang juga merupakan salah satu guru besar di Departemen Sosiologi dan Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia. 

0

Roboguru

Pada abad 20, Sosiologi berkembang pesat di negara...

Pembahasan Soal:

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan sosial yang pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Comte dalam bukunya yang berjudul Course de philosophie positive (1838). Sosiologi berkembang pesat di Eropa Barat pada abad ke-19 karena pengaruh Revolusi Industri dan Revolusi Politik yang mengubah tatanan kehidupan masyarakat.

Memasuki abda ke-20 terjadi perpindahan ilmu pengetahuan ilmiah Sosiologi dari Eropa Barat ke Amerika Serikat yang kemudian berkemabng pesat di Amerika Serikat. Pada saat itu terjadi industrialisasi dan urbanisasi secara besar-besaran di perkotaan Amerika Serikat yang menyebabkan perubahan sosial yang menyebabkan perbedaan yang mencolok antara masyarakat perkotaan dan pedesaan. Kondisi tersebut kemudian mendorong kaum intelektual Amerika untuk mengkaji gejala sosial akibat perubahan sosial yang terjadi di Amerika Serikat sehingga sosiologi kemudian menjadi salah satu bidang studi yang banyak diminati. space

0

Roboguru

Sosiologi berasal dari kata Latin Socius dan kata Yunani Logos. Socius dalam pengertian sosiologi berarti ...

Pembahasan Soal:

Asal kata Sosiologi berasal dari kata latin socius yang berarti kawan, dan berasal dari kata Yunani logos yang berarti pengetahuan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Jelaskan dengan bahasamu sendiri mengenai sejarah munculnya istilah sosiologi.

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah sejarah munculnya istilah sosiologi.

Sosiologi lahir pada abad ke 19, dicetuskan oleh filsuf yang berasal dari Perancis yaitu Auguste Comte. Terdapat dua peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya ilmu sosiologi, yaitu peristiwa Revolusi Industri dan Revolusi Perancis. Revolusi industri ditandai dengan digantikannya tenaga manusia dengan tenaga mesin atau berubahnya pola-pola tradisional menjadi pola-pola industrial (modern). Sedangkat Revolusi Perancis ditandai dengan berubahnya sistem pemerintahan absolut menjadi sistem pemerintahan demokratis di Perancis, sehingga seluruh masyarakat Perancis mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa naik ke lapisan atas dan turun ke lapisan bawah. Ke dua peristiwa tersebut menimbulkan pertanyaan besar tentang masyarakat di antara para ilmuwan, termasuk Auguste Comte, sehingga dengan pendekatan sosiologi Auguste Comte meneliti fenomena yang terjadi pada masyarakat saat itu. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved